Topik

12 Kali Berturut-turut, Banda Aceh Pertahankan Opini WTP BPK

·
12 Kali Berturut-turut, Banda Aceh Pertahankan Opini WTP BPK
Foto : Istimewa

JAKARTA - Laporan Keuangan Pemerintah Darah (LKPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh tahun anggaran 2019 kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. Dengan hasil tersebut, Pemkot Banda Aceh telah mendapatkan opini WTP sebanyak 12 kali secara berturt-turut sejak 2009.

Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Aceh Arif Agus menyerahkan piagam WTP kepada Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dan Ketua DPRK Farid Nyak Umar, Selasa 16 Juni 2020 di gedung BPK-RI Aceh.

Arif memaparkan, opini WTP diberikan setelah BPK memeriksa LKPD dengan memperhatikan kesesuaian laporan keuangan dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), kecukupan pengungkapan, efektivitas sistem pengendalian intern, dan kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Mudah-mudahan ke depan prestasi ini bisa terus dipertahankan dan bisa lebih baik lagi dalam pengelolaan keuangan," kata Arif dalam keterangan resmi Pemkot Banda Aceh, Selasa (16/6/2020).

Sementara itu, Wali Kota Aminullah Usman menegaskan, opini WTP Banda Aceh harus terus dipertahankan. "Alhamdulillah Pemko Banda Aceh kembali mendapat WTP, dan ini tak boleh berhenti sampai di sini, harus mampu kita pertahankan pada masa-masa mendatang," ungkap Aminullah.

Aminullah menyatakan komitmennya dalam menjadikan Banda Aceh kota unggulan dalam hal-hal positif, termasuk perolehan opini WTP. Ia turut menekankan, pihaknya segera menuntaskan rekomendasi dari BPK.
"Mengenai sejumlah rekomendasi yang diberikan BPK, kami komit untuk menuntaskan sebelum 60 hari dan akan kami laporkan kembali kepada BPK," imbuh Aminullah.

Menanggapi rekomendasi BPK, Ketua DPRK Farid Nyak Umar mengatakan, hal itu menjadi bahan dan penunjang tupoksi dewan khususnya terkait fungsi pengawasan dan penganggaran. "Dan kami berharap mampu ditindaklanjuti oleh pemerintah," tegas Farid.

Ia lantas mengapresiasi kepada Wali Kota Banda Aceh dan jajarannya yang berhasil mempertahankan opini WTP berturut-turut sejak 2009. "Ini merupakan pencapaian luar biasa karena mampu meraih opini WTP atas LKPD secara berturut-turut 12 kali sedari 2009 silam," ujar Farid. (**)

Sumber : Detikcom

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...