Topik

2.468 Warga Aceh Ikut Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama

2.468 Warga Aceh Ikut Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama forkopimda plus saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Mesjid Raya Baiturahman. Foto : Ist

BANDA ACEH - Masyarakat antusias mengikuti vaksinasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang digelar secara massal di halaman Masjid Raya Baiturrahman (MRB), Banda Aceh. Tak kurang 2.468 orang ikut antrian untuk mendapat suntikan dosis pertama vaksin Sinovac, dari vaksinator Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Aceh.

“Masyarakat antusias untuk mendapatkan suntikan vaksin Covid-19, bahkan ada yang menjelang shalat Ashar,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani kepada Wartawan, Kamis (1/4/2021).

SAG menjelaskan, rencana vaksinasi massal itu digelar hingga pukul 12.00 WIB, dan pelayanan diberikan di 10 Pos Pelayanan Vaksinasi di kedua sisi MRB. Tapi, saking ramainya yang sudah mendaftar dan belum divaksin, vaksinasi dilanjutkan lagi usai shalat zuhur hingga menjelang azan shalat ashar berkumandang di MRB.

Bahkan, lanjut SAG, ada juga yang belum sempat divaksinasi hingga pos pelayanan ditutup. Jubir Covid-19 itu memohon maaf kepada masyarakat yang belum mendapatkan vaksin dosis pertama di MRB.

Tapi dianjurkan untuk melakukan vaksinasi di sarana pelayanan kesehatan yang paling dekat dengan tempat tinggalnya, seperti Puskesmas, klinik kesehatan, dan rumah sakit umum. “Mereka yang sudah melakukan registrasi di MRB datanya sudah diinput ke dalam sistem vaksinasi nasional atau Pcare. Tinggal datang dan tunjukkan KTP-nya saja,” kata SAG.

Selanjutnya ia mengatakan, jumlah masyarakat yang mendapatkan suntikan vaksin Sinovac dosis pertama di MRB sebanyak 2.468 orang, dengan rincian 1.224 laki-laki dan 1.244 perempuan. Peserta vaksinasi Covid-19 di MRB itu dari berbagai kalangan, mulai anggota TNI/Polri, guru, dosen, mahasiswa, ASN, wartawan, para pedagang di seputar Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

SAG menambahkan, vaksinasi massal yang dibuka oleh Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah, MT dan dihadiri oleh Forkopimda dan sejumlah Kepala SKPA itu, dilayani oleh tim vaksinasi Covid-19 Kodam Iskandar Muda, Polda Aceh, RSUZA Banda Aceh, RS Ibu dan Anak, RS Jiwa Banda Aceh, Puskesmas Kecamatan Banda Raya, Puskesmas Kecamatan Kuta Alam, dan tim vaksinasi Puskesmas Lampulo, Banda Aceh.

“Kami atas nama Satgas Covid-19 Aceh mengucapkan terima kasih kepada seluruh Tim Vaksinasi Covid-19 di MRB dan mengucapkan selamat kepada masyarakat yang sudah mendapat vaksin dosis pertama,” kata SAG.

Ia berpesan, meski sudah divaksinasi, masyarakat harus tetap menjalankan protokol kesehatan dan tidak lupa melanjutkan dengan vaksinasi dosis kedua. Vaksinasi dosis kedua dapat dilakukan di sarana kesehatan terdekat dengan tempat tinggalnya dan sesuai waktu yang sudah ditetapkan. []

Disdukcapil Aceh Tamiang
Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...