Topik

2 Kapal Perang AS Berkeliaran di Selat Taiwan, China: Itu Show of Force

·
2 Kapal Perang AS Berkeliaran di Selat Taiwan, China: Itu Show of Force
Foto : Istimewa

BEIJING - Dua kapal perang Amerika Serikat (AS) berlayar melewati Selat Taiwan yang sensitif pada hari Kamis (31/12/2020) memicu kemarahan China. Pihak Beijing Beijing, menyebut operasi kedua kapal perang Amerika itu sebagai "provokasi" dan "show of force" atau "unjuk kekuatan".

Kementerian Pertahanan China mengatakan lintasan kapal-kapal Washington itu mengirim pesan yang salah kepada pendukung kemerdekaan Taiwan dan merupakan ancaman serius bagi perdamaian dan stabilitas.

"Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China mempertahankan kewaspadaan tingkat tinggi setiap saat, menanggapi semua ancaman dan provokasi setiap saat, dan dengan tegas membela kedaulatan nasional dan integritas teritorial," kata kementerian itu, seperti dikutip Reuters.

Angkatan Laut AS mengatakan operasi kedua kapal perang tersebut merupakan misi serupa kedua bulan ini. Operasi tersebut hanya berselang hampir dua minggu setelah kelompok tempur kapal induk China melintasi jalur perairan yang sama.

China sampai saat ini masih mengklaim Taiwan, yang telah memerintah sendiri secara demokratis, sebagai wilayahnya dan marah dengan peningkatan dukungan AS untuk pulau itu, termasuk penjualan senjata. Operasi kapal perang Washington itu semakin memperburuk hubungan AS-China.

Angkatan Laut AS mengatakan kapal perusak berpeluru kendali USS John S McCain dan USS Curtis Wilbur telah melakukan transit Selat Taiwan secara rutin pada 31 Desember sesuai dengan hukum internasional.

“Transit kapal melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen AS terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Militer Amerika Serikat akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun hukum internasional mengizinkan," kata Angkatan Laut AS.

Ini adalah pelayaran ke-13 melalui Selat Taiwan oleh kapal-kapal perang Angkatan Laut AS sepanjang tahun ini.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan kapal-kapal perang AS yang berlayar ke arah utara melalui Selat Taiwan merupakan "misi biasa". Angkatan bersenjata Taiwan memantau pelayaran tersebut dan situasinya seperti biasa. (**)

Sumber : Sindonews.com

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...