Topik

27 Nelayan Aceh di Thailand Divonis 1 Tahun Penjara

·
27 Nelayan Aceh di Thailand Divonis 1 Tahun Penjara
Foto : Istimewa

BANDA ACEH - Sebanyak 27 WNI nelayan asal Aceh Timur yang ditangkap otoritas Thailand dijatuhi hukuman satu tahun penjara oleh pengadilan negara setempat. Mereka dinilai bersalah karena telah melewati perbatasan dan mencuri ikan di wilayah perairan Thailand.

“Alhamdulillah ada kabar baik. Para nelayan ini sudah menjalani proses persidangan di pengadilan negara setempat. Mereka dihukum satu tahun penjara,” Kata Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Iskandar Usman Al-Farlaky, pada kumparan Selasa (9/6/2020).

Menurut Iskandar vonis tersebut jika dikurangi masa tahanan yang sudah berlangsung sejak Januari 2020, artinya para nelayan asal daerahnya itu sudah menjalani kurungan hampir setengah dari masa hukuman. “Tak lama lagi akan bebas. Apalagi jika mereka berprilaku baik. Kita akan advokasi agar mereka segera dideportasi ke Aceh,” ujar politisi Partai Aceh itu.

Iskandar menjelaskan nelayan asal Aceh Timur yang ditahan di Thailand sebanyak 33 orang, namun enam di antaranya masih di bawah umur sehingga tidak diproses hukum dan mereka akan segera dipulangkan.

“Jika dalam Minggu depan ada penerbangan dari Bangkok ke Jakarta, mereka akan segera dipulangkan dengan bantuan pihak KBRI setempat. Insyaallah segera bertemu dengan keluarga di Aceh,” ungkap Iskandar.

Sebelumnya 33 nelayan asal Aceh Timur ditangkap Angkatan Laut Kerajaan Thailand atau Royal Thai Navy (RTN) pada 21 Januari 2020, mereka diamankan karena diduga telah melakukan pencurian ikan di perairan Thailand. (**)

Sumber : Kumparan

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...