Topik

33 PPS dan 71 PPDP Kecamatan Bendahara Ikut Bimtek Pemuktahiran Data Pemilih

·
33 PPS dan 71 PPDP Kecamatan Bendahara Ikut Bimtek Pemuktahiran Data Pemilih
Ketua PPK kecamatan Bendahara (Tengah) saat memberi materi di acara Bimtek Pantarlih. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Sebanyak 33 Panitia Pemunggutan Suara (PPS) dan 71 Petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP), baru-baru ini mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemuktahiran Data Pemilih Pemilu 2019, di Gedung Serba Guna Banta Ahmad - Sungai Iyu Kecamatan Bendahara.

"Bimtek Pemuktahiran Data Pemilih ini diikuti oleh 104 orang peserta, yang terdiri dari 33 PPS dari setiap desa se-kecamatan Bendahara dan 71 PPDP," kata Ketua PPK Kecamatan Bendahara, Kamariah kepada Kabar Tamiang, Jumat (13/4/2018).

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting dalam rangka menyamakan persepsi terkait pemutakhiran data pemilih Pemilu 2019. Dengan menyamakan persepsi semua pelaku pendataan diharapkan dapat menghasilkan data pemilih yang akurat dan valid.

"Dengan data pemilih yang akurat dan valid maka akan tercapainya tujuan pemilu yang berkualitas ," sebut Kamariah yang akrab disapa Gadis.

Menurutnya, setelah PPDP dibekali dengan Bimtek, dapat memahami tentang Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih. Tahapan setelah ini PPDP akan melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih dengan cara "door to door" atau mendatangi rumah penduduk.

"Pantarlih akan mendatangi rumah - rumah penduduk untuk melakukan pengecekan dan pencocokan. Setelah pencocokan maka Pantarlih akan menempelkan stiker bagi rumah yang sudah di Coklit," ujar Gadis sembari menambahkan Pantarlih juga diwajibkan melaporkan rekapitulasi hasil kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) masing - masing desa.

Gadis menambahkan dalam kegiatan yang dilaksanakan tadi juga dihadiri oleh Komisioner KIP Aceh Tamiang, Ibu Kemalawati. "Alhamdulillah tadi Ibu Kemalawati juga hadir dan mempertajam materi Bimtek. Mudahan semua peserta dapat memahami dan menjalankan tugas dengan baik," harap Gadis.(Hen).

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...