Topik

9 Daerah di Aceh Ganti Status dari Zona Merah ke Kuning, Risiko Corona Rendah

·
9 Daerah di Aceh Ganti Status dari Zona Merah ke Kuning, Risiko Corona Rendah
Ketua Gugus Tugas Nasional, Doni Monardo. Foto : Ist

JAKARTA - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional mengumumkan 136 kabupaten dan kota di Indonesia masuk dalam zona kuning. Salah satunya di Provinsi Aceh, 9 daerah yang sebelumnya berstatus zona merah kini telah berganti menjadi kuning.

Ketua Gugus Tugas Nasional, Doni Monardo, mengatakan, definisi zona kuning yang ditetapkan oleh pemerintah merupakan wilayah dengan tingkat risiko rendah. Sehingga 136 kabupaten dan kota yang berada di zona kuning, dapat mempersiapkan pelaksanaan aktivitas masyarakat aman dan produktif.

Sedangkan wilayah administratif setingkat kabupaten dan kota yang masih bertahan di zona hijau berjumlah 92 daerah. “Sehingga total kabupaten dan kota yang berada di zona hijau dan kuning berjumlah 228 atau 44% dari total kabupaten-kota secara nasional,” ujar Doni di Media Center Gugus Tugas Nasional, Jakarta.

Adapun 9 wilayah di Aceh yang berganti status dari zona merah ke kuning ialah, Banda Aceh, Pidie, Simeulue, Aceh Barat Daya, Aceh Tamiang, Lhokseumawe, Bener Meriah, Gayo Lues, dan Aceh Utara.

Sementara 14 kabupaten/kota di Provinsi Aceh masuk dalam kawasan zona hijau penyebaran COVID-19 adalah Pidie Jaya, Aceh Singkil, Bireuen, Aceh Jaya, Subulussalam, Nagan Raya, Aceh Tenggara, Aceh Tengah, Aceh Barat, Aceh Selatan, Sabang, Langsa, Aceh Timur dan Aceh Besar

Sebelumnya beberapa bupati dan wali kota dari 9 daerah tersebut menolak penetapan status zona merah karena dinilai keliru dan tidak tepat. Di antaranya Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Senin (8/6), telah mengadakan pertemuan dan sepakat mengajukan permohonan peninjauan ulang terkait penetapan Banda Aceh ke dalam zona merah penyebaran virus corona.

Menurut Aminullah, dari sisi apa pun Banda Aceh tidak layak ditetapkan sebagai zona merah. “Kasus positif nihil dan yang tiga sebelumnya pun terinfeksi di luar kota, artinya belum ada transmisi lokal. PDP juga nihil dan ODP yang kita awasi dengan ketat trennya juga terus menurun," kata Aminullah, dalam keterangannya Selasa (9/6). (**)

Sumber : Kumparan

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...