Topik

9 Hari Hilang, Nelayan Aceh Ditemukan Terombang-ambing di Perairan India

·
9 Hari Hilang, Nelayan Aceh Ditemukan Terombang-ambing di Perairan India
Gambar Ilustrasi. Foto : Ist

BANDA ACEH - Kapal nelayan Aceh KM Unggul ditemukan terombang-ambing di Laut Andaman, India, setelah sembilan hari dikabarkan hilang kontak. Saat ditemukan, kapal dalam kondisi rusak mesin.

"Kapal itu hilang tanggal 9 Mei dan ditemukan tanggal 18 Mei. Kita baru dapat laporan kapal itu ditemukan Rabu kemarin," kata Wakil Sekjen Panglima Laot Aceh Miftach Cut Adek, seperti dikutip dari detikcom, Kamis (20/5/2021).

Miftach menjelaskan KM Unggul berangkat melaut dari Aceh Barat, Selasa (27/4). Kapal berukuran 12 GT itu menangkap ikan dengan menggunakan pancing.

Setelah beberapa hari di laut, kapal itu dilaporkan mengalami kerusakan mesin sehingga hilang kontak. Menurut Miftach, KM Unggul ditemukan oleh kapal nelayan Banda Aceh KM Rezla di perairan India.

"KM Unggul terbawa arus lebih-kurang 40 mil laut ke atas perairan Sabang. Tanggal 18 Mei ditemukan terombang-ambing di Laut Andaman oleh kapal KM Rezla," jelas Miftach.

Setelah ditemukan, KM Unggul diserahkan ke KM Ratla untuk dikawal pulang. Kapal tersebut sudah dapat kembali melaut namun tetap dikawal KM Ratla. "Sekarang KM Unggul masih di laut. Untuk bahan makanan dan lain-lain dibantu oleh KM Ratla," ujarnya. []

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...