Topik

Aceh Jadi Prioritas Satgas Nasional untuk Penanganan Covid-19

·
Aceh Jadi Prioritas Satgas Nasional untuk Penanganan Covid-19
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, Hanif. Foto : Ist

BANDA ACEH - Pemerintah pusat melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional menetapkan Provinsi Aceh sebagai daerah prioritas dalam penanganan virus corona.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Aceh Hanif mengatakan, pendampingan dari pemerintah pusat akan mempercepat upaya penurunan angka positif Covid-19 di Aceh.

“Pada kunjungan tim Satgas covid-19 dari BNPB kemarin, mereka sudah meminta kepada Pemerintah Aceh untuk menyiapkan data, melengkapi upaya preventif dan kuratif, dan itu sudah kita lakukan,” ujar Hanif kepada wartawan, baru-baru ini. 

Menurut Hanif, Pemerintah Aceh meminta agar fasilitas kesehatan di rumah sakit rujukan bisa ditambah. “Alhamdulillah BNPB akan membantu mendirikan rumah sakit lapangan di RSUD Zainal Abidin," kata Hanif.

Menurut Hanif, apabila rumah sakit lapangan sudah selesai dibangun, maka akan memiliki kapasitas 200 tempat tidur. "Mudah-mudahan ini akan bisa membantu pemerintah dalam memberikan layanan kepada masyarakat,” kata Hanif.

Meski demikian, menurut Hanif, masalah terutama bukan pada kapasitas layanan kesehatan. Namun, masyarakat yang masih belum disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Kami terus mengimbau warga untuk bisa disiplin menjalankan protokol kesehatan terutama menggunakan masker. Khususnya bagi anak-anak muda, upayakan tidak berada di kerumunan, karena ini salah satu faktor penularan terus meningkat," kata Hanif.

Selain Aceh, ada 10 provinsi lain yang juga menjadi prioritas penanganan Covid-19. Masing-masing yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan. Kemudian, Papua, dan Bali.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan bersama Ketua Satgas Covid-19 Nasional Doni Monardo sudah ditugaskan untuk menangani provinsi prioritas ini. Targetnya adalah menurunkan kasus harian Covid-19, meningkatkan angka kesembuhan, dan menurunkan angka kematian Covid-19. (**)

Sumber : Kompas

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...