Topik

Anggota DPR RI Muslim Serahkan Alsintan Bantuan Kementan untuk Aceh Tamiang

·
Anggota DPR RI Muslim Serahkan Alsintan Bantuan Kementan untuk Aceh Tamiang
Anggota DPR RI Komisi IV, Muslim menyerahkan bantuan traktor kepada petani Aceh Tamiang. Foto : Hendra.

ACEH TAMIANG - Anggota DPR-RI Komisi IV Fraksi Demokrat, Muslim SHI, MM menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) bantuan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia untuk kelompok tani di Aceh Tamiang bertempat di halaman Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan setempat, Senin (26/10/2020).

Dalam penyaluran tersebut turut dihadiri Kepala Distanbunak Aceh Tamiang, Yunus, SP dan jajaran, Ketua Karang Taruna Aceh Tamiang, Joko Sudirman, pengurus Partai Demokrat Aceh Tamiang dan kelompok tani penerima bantuan.

Anggota DPR RI Komisi IV Muslim, SHI, MM dalam kesempatan tersebut  mengatakan, bahwa bantuan prasarana Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) pra dan paska panen untuk sejumlah kelompok tani di Kabupaten Aceh Tamiang diberikan pemerintah secara gartis tanpa kutipan dana apapun.

"Bila ada dugaan oknum-oknum yang meminta imbalan atau uang, termasuk staf pendamping saya, langsung saja memberitahukan kepada saya dan bila terbukti langsung saya pecat,” tegas Muslim.

Foto : Hendra.

Muslim mengatakan, pihaknya berupaya semaksimal mungkin akan kebutuhan prasarana penunjang bagi masyarakat petani di Kabupaten Aceh Tamiang yang juga merupakan daerah pemihannya. “Saya mengharapkan bantuan Alsintan yang sudah diberikan ini supaya dijaga dan dirawat, jangan dibiarkan saat rusak karena merugikan petani sendiri,” pinta politisi Partai Demokrat ini.

Lanjutnya, terkait kebutuhan prasarana pendukung untuk pengembangan budidaya bawang merah yang sedang digalakkan petani di Aceh Tamiang. "Saya minta Kadistanbunnak Aceh Tamiang agar secepatnya mengajukan permohonan supaya bisa di proses nantinya di Kementrian terkait,” sebut Muslim sembari menambahkan, jika usulannya tidak diberikan berarti tidak ada yang dibutuhkan serta bisa di berikan kedaerah lainnya yang membutuhkan.

Sebelumya, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Aceh Tamiang, Yunus, SP menyampaikan, pihak yang berupaya daerah ini bisa menjadi sentra bawang merah bagi daerah lainnya di Aceh. "Kendala dihadapi petani sekarang masih terbatasnya peralatan seperti traktor untuk pengolahan tanah pertanian, " ujarnya.

"Kita harapkan dengan adanya penambahan mesin bajak yakni traktor sehingga memasuki musim gadu mendatang, sebahagian lahan pertanian warga di daerah ini bisa digarap untuk budi daya bawang merah," harap Yunus.

Foto : Hendra.

Dihadapan ketua kelompok tani penerima bantuan Alsintan, Kadistanbunnak Aceh Tamiang, Yunus menegaskan kembali, bahwa bantuan peralatan yang sudah terima itu jangan sampai dijual "Jika ini terjadi maka kelompok tani bersangkutan akan di blacklist terhadap semua bantuan kedepannya," pungkasnya.

Adapun bantuan Alsintan yang disalurkan yaitu power tresher untuk kelompok Ciherang Wangi, Kampung Alur Cantik, Kelompok, Rambutan, Kampung Balai, kedua kelompok ini berada di Kecamatan Bendahara, Kelompok Muda Tani Kampung Sampaimah Kecamatan Manyak Payed, Kelompok Maju Bersama, Paya Bedi kecamatan Rantau.

Kemudian, Kelompok Karya Tani, Alur Bemban Kecamatan Karang Baru, Kelompok Karya Bakti  Sekumur Kecamatan Sekerak dan Cicempala Kampung Seunebok Aceh, Kecamatan Bendahara. Sementara bantuan Alsintan lainnya yaitu Corn Sheller dua unit, cultivator 5 unit, hand traktor rotary 6 unit, mesin tanam padi 2 buah, mesin pompa 5 unit, combine harvestsr satu unit.

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...