Topik

Badan Jalan Kabupaten di Kampung Jamur Labu Amblas

Badan Jalan Kabupaten di Kampung Jamur Labu Amblas
Ruas Jalan Kabupaten di Kampung Jamur Labu yang amblas. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Badan jalan Kabupaten menghubungkan beberapa kampung di Kecamatan Rantau tepatnya di Kampung Jamur Labu retak menganga sepanjang kurang lebih 40 meter. Akibat retakan itu, setengah badan jalan tersebut terlihat amblas setinggi sekitar 30 centimeter.

Datok Penghulu Kampung Jamur Labu Kecamatan Rantau, Aceh Tamiang Sunardi mengatakan, kondisi itu sudah berlangsung kurang lebih sejak dua bulan lalu. "Tepatnya, ketika memasuki musim penghujan di akhir tahun 2020 lalu," katanya kepada Wartawan.

Awalnya, kata Datok Sunardi, retakan pada jalan itu hanya beberapa meter saja, naseiring berjalannya waktu, patahan itu semakin memanjang. Bahkan, Ia menyebutkan, pihaknya saat ini telah membatasi kendaraan bermotor, khususnya mobil barang atau truk melewati jalan itu.

"Truk dengan beban di atas empat ton dilarang melintas. Dikarenakan saat ini setengah badan jalan itu sudah mulai amblas," ujarnya. 

Hal itu dilakukannya pihak desa, kata Sunardi, untuk menghindari jatuhnya korban jiwa dikarenakan jalan yang sudah amblas. "Padahal jalan ini merupakan akses utama masyarakat dalam mengeluarkan hasil pertanian dan perkebunan mereka," sebutnya.

Tidak hanya itu, Sunardi mengaku jalan itu juga merupakan jalan penghubung 7 desa di permukiman Sapta Jaya Kecamatan Rantau. "Jalan ini merupakan akses utama bagi masyarakat tujuh desa di kemukiman Sapta Jaya," katanya.

Sebelumnya, Sunardi mengaku, pihaknya sudah melakukan beberapa kali upaya perbaiki jalanan itu dengan cara swadaya, dengan membuat tanggul dengan batang kayu, tapi hal itu tidak berlangsung lama.

"Terkait kondisi jalan yang amblas juga sudah kami sampaikan ke pihak kecamatan. Dan mereka pun langsung meninjau jalan itu bersama dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Aceh Tamiang," katanya.

Sementara itu, Plt Camat Rantau, Iman Suhairi ketika dikonfirmasi Wartawan mengaku pihaknya akan melakukan upaya tanggap darurat agar jalan itu dapat dilintasi kembali.

"Kami sudah meninjau langsung jalan itu bersama pihak dinas PUPR beberapa waktu lalu, dan pihak dinas berjanji akan melakukan penimbunan jalan tersebut terlebih dahulu di tahun ini," katanya. []

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...