Topik

Bea Cukai Langsa Amankan 103 Karung Bawang Merah Ilegal di Seruway

Bea Cukai Langsa Amankan 103 Karung Bawang Merah Ilegal di Seruway
Mobil Mitsubishi L 300 dan barang merah ilegal diamankan tim Bea Cukai Langsa. Foto : Ist

LANGSA - Bea Cukai Langsa berhasil mengamankan sebuah mobil Mitsubishi L-300 yang diketahui mengangkut sebanyak 103 karung bawang merah ilegal di Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang, Sabtu (20/2/2021).

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Langsa, Iwan Kurniawan kepada Wartawan, Senin (22/2/2021) mengatakan, penindakan ini berawal dari informasi yang diperoleh tim tentang adanya kapal yang melakukan aktivitas bongkar muat barang merah impor berasal dari luar kawasan pabean di wilayah Sungai Kuruk Kecamatan Seruway, Aceh Tamiang.

"Setelah tim berhasil memastikan bahwa bawang merah ilegal tersebut berada di mobil mitsubishi L 300 dan hendak dibawa ke sekitar Kota Langsa maka tim pun melakukan pengejaran terhadap mobil tersebut dan berhasil memberhentikannya di daerah Tanah Merah, Kampung Pantai Balai, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang," jelasnya.

Dari hasil pemeriksaan, kata Iwan, diketahui mobil kedapatan mengangkut bawang merah yang diimpor tanpa dilengkapi dengan dokumen kepabenan. Pelaku bersama barang hasil penindakan (sarana pengangkut berupa mobil dan bawang merah) dibawa ke Kantor Bea Cukai Langsa informasi dan penanganan lebih lanjut.

Adapun sanksi hukum terhadap pelaku tindak pidana penyelundupan barang impor yaitu pidana penjara paling singkat satu tahun dan  paling lama sepuluh tahun serta pidana denda paling sedikit Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) dan paling banyak Rp 5.000.000.000 (lima miliar rupiah).

"Upaya penindakan kali ini merupakan bukti keseriusan dan kegigihan Bea Cukai dalam memberantas barang-barang ilegal dan menutup pintu masuk para penyelundup ke wilayah Indonesia," ujarnya. []

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...