Topik

Belasan Dokter dan Perawat Positif Covid-19, IGD RSUD Aceh Tamiang Dialihkan

·
Belasan Dokter dan Perawat Positif Covid-19, IGD RSUD Aceh Tamiang Dialihkan
Pemgumuman penutupan sementara IGD RSUD Aceh Tamiang. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aceh Tamiang memindahkan sementara pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) ke tenda darurat milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang berada di halaman depan Poli, Kamis (31/7/2020).

Hal tersebut dilakukan pihak manajemen Rumah Sakit seiring adanya tenaga kesehatan di ruangan IGD Terkonfirmasi Positif Covid-19 berdasarkan hasil Swab PCR yang dikeluarkan oleh Balitbangkes Aceh.

Direktur RSUD Aceh Tamiang, dr. Dedy Syah kepada Kabar Tamiang mengatakan, kebijakan penutupan IGD dilakukan agar proses sterilisasi baik terhadap petugas medis maupun terhadap pembersihan alat-alat kesehatan dan ruangan IGD dapat terlaksana.

"Seluruh tenaga medis yang bertugas di RSUD khususnya di ruangan IGD hari ini akan dilakukan pengambilan Swab dan untuk alat-alat medis akan dilakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan" ujarnya.

Tim BPBD mendirikan posko sementara di RSUD Aceh Tamiang. Foto : Hendra.

Namun, dalam rangka memberikan pelayanan darurat kepada masyarakat, pihak RSUD Aceh Tamiang akan tetap membuka pelayanan gawat darurat pada tenda posko darurat yang dibangun di depan halaman ruangan Poli RSUD Aceh Tamiang, dengan melibatkan dokter dan tenaga medis dari Puskesmas di beberapa wilayah Kabupaten Aceh Tamiang.

"Bagi petugas medis RSUD yang negatif akan diminta untuk aktif kembali, namun jika ada yang positif, maka akan di minta untuk melanjutkan isolasi mandirinya dirumah", ungkapnya.

Terkait hasil swab test, kata Dedy, dari 100 orang paramedis dan dokter yang diambil swab, 14 orang dokter dan 4 tenaga medis reaktif covid-19.  “Saat ini dokter dan paramedis reaktif, sedang menjalani karantina mandiri dirumahnya masing masing selama 14 hari kedepan. Kita menunggu hasil karantina mandiri tersebut untuk rencana tindak lanjutnya,” jelas Dedy.

Dedi menambahkan Swab Test akan dilakukan bertahap, tindakan Swab Test dilaksanakan agar RSUD Aceh Tamiang memang benar benar steril dari covid. (Hen)

Disdukcapil Aceh Tamiang
Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...