Topik

Bendungan di Teluk Halban Hampir Jebol, BPBD Aceh Tamiang lakukan Perbaikan

·
Bendungan di Teluk Halban Hampir Jebol, BPBD Aceh Tamiang lakukan Perbaikan
Perbaikan tanggul yang hampir jebol di Kampung Teluk Halban Kecamatan Bendahara. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Akibat debit air sungai Tamiang yang terus meningkat, sebuah bendungan di Kampung Teluk Halban Kecamatan Bendahara Kabupaten Tamiang hampir jebol.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Tamiang, Syahri, SP mengatakan informasi kerusakan tanggul ini sudah diterima pihaknya terima sejak Sabtu (9/11/2019) kemarin. "Setelah menerima laporan itu, kami bersama Forkopimca Bendahara langsung ke lokasi untuk melakukan perbaikan," kata Syahri kepada Kabar Tamiang, Minggu (10/11/2019). 

Hasil peninjauan di lapangam, tim BPBD Aceh Tamiang menemukan tiga titik kerusakan yang cukup parah. Namun ketika itu tim lebih memfokuskan perbaikan pada satu titik yang kerusakannya sudah mencapai 60 meter. "Ada yang kerusakannya sudah mencapai 60 meter, air tinggal setengah meter lagi. Kalau tidak diatasi secepatnya bisa berbahaya," ujar Syahri.

Pengerjaan yang melibatkan dua alat berat dan tujuh dump truk ini belum sepenuhnya tuntas akibat beratnya medan dan terbatasnya waktu. "Tadi malam dihentikan sampai jam 12 malam dan dilanjutkan lagi pada hari ini, sampai selesai," ujarnya.

Syahri menambahkan hingga kini ketinggian air masih tinggi akibat curah hujan di wilayah hulu masih tinggi. Dia pun mengimbau masyarakat tetap waspada karena berdasarkan prediksi BMKG, musim hujan masih berlangsung hingga Februari. "Pasang surut air laut juga berdampak pada kondisi bendungan hari ini," ucap Syahri. (Hen)

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...