Topik

Bermalam di Bireuen, Ketum AHY Tidur Dikamar Peninggalan Bung Karno

Bermalam di Bireuen, Ketum AHY Tidur Dikamar Peninggalan Bung Karno
Ketum AHY saat berada di Museun Permata Melayu Tun Sri Lanang. Foto : Kabar Tamiang.

BIREUEN - Mengawali rangkaian Safari Ramadhan 1442 H, kedatangan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) disambut hangat Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan Bupati Bireuen Muzakkar A. Gani beserta kader Partai Demokrat di Pendopo Bireuen, Sabtu (24/4/2021) siang.

“Alhamdulillah saya bersyukur karena hari ini bisa kembali datang ke Serambi Mekah, Aceh. Ini bukan kunjungan pertama bagi saya di Aceh juga di Biuren, tetapi kali ini spesial karena kedatangan ini adalah untuk silaturahmi dalam semangat bulan suci Ramadhan,” ujar Ketum AHY kepada Kabar Tamiang

Dalam kesempatan tersebut, AHY menyebutkan Kabupaten Bireuen merupakan daerah yang sangat bersejarah. “Tentu ini bukan kunjungan pertama bagi saya, tapi kali ini sangat sepesial,” kata AHY.

Menurut AHY, pendopo Bireuen sangat bersejarah bagi masyarakat Indonesia, karena tahun 1948 pernah dijadikan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno (Bung Karno) sebagai tempat melakukan komando dan pengendalian, dalam konteks untuk meyakinkan pihak manapun termasuk dunia Internasional. Bahwa pemerintah Indonesia tetap berdiri, tetap eksis selama 12 hari memimpin dari rumah ini (Pendopo).

"Itulah kenapa Bireuen dikatakan sebagai Kota Juang, dan saya bahagia karena disiapkan bermalam di kamar Bung Karno yang dulu pernah digunakan beliau saat memimpin pemerintah di Kota Bireuen. Pendopo yang didominasi warna putih ini, secara arsitektur memiliki gaya bangunan kolonial,” imbuhnya.

Di Kabupaten Bireun ini, selain melakukan ziarah ke makam Tun Sri Lanang dan silaturahmi dengan para ulama Aceh, Ketum AHY juga melakukan konsolidasi internal dengan kader Partai Demokrat.

Turut mendampingi Ketum AHY pada kegiatan tersebut diantaranya Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Anggota DPR-RI dapil II Fraksi Partai Demokrat Muslim, dan Wasekjen Partai Demokrat Jovan Latuconsina.

Aceh adalah provinsi pertama yang didatangi Ketum AHY dalam rangkaian Safari Ramadhan kali ini. Ketum AHY tiba di Bandar Udara Malikussaleh sehabis dan dijemput langsung Gubernur Aceh yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Aceh Nova Iriansyah dan Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib.

Selanjutnya nanti selama beberapa hari ke depan, Ketum AHY akan melanjutkan Safari Ramadhan ke Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, NTT, dan NTB. []

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...