Topik

Tetapkan Standar Pelayanan

Besok, Disdukcapil Aceh Tamiang Gelar Public Hearing Via Zoom

·
Besok, Disdukcapil Aceh Tamiang Gelar Public Hearing Via Zoom
Kepala Disdukcapil Aceh Tamiang, Drs. Sepriyanto. Foto : Hendra.

ACEH TAMIANG - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Tamiang menggelar acara Public Hearing tentang penyusunan dan penetapan standar pelayanan via Zoom Meeting, besok, Rabu (23/9/2020).

"Bagi masyarakat yang ingin bergabung dan memberikan kontribusi pemikiran untuk peningkatan pelayanan berkualitas di Disdukcapil, silahkan bergabung di zoom, dengan Meeting ID 564 838 6855  dan code paswoodnya : gisabisa," ujar Kepala Disdukcapil Aceh Tamiang, Drs. Sepriyanto kepada Kabar Tamiang, Selasa (22/9/2020).

Sepriyanto menjelaskan kegiatan public hearing ini merupakan kegiatan dialog, diskusi pertukaran opini secara partisipatif antara penyelenggara layanan publik dengan masyarakat (publik) untuk membahas rancangan kebijakan, penerapan kebijakan, dampak kebijakan, evaluasi pelaksanaan kebijakan ataupun permasalahan terkait pelayanan publik dalam kerangka transparansi dan efektifitas untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan .

Dengan latar belakang yaitu amanat UU untuk mengikutsertakan masyarakat, pelibatan masyarakat perlu diwujudkan dan perlu koordinasi antara Pemerintah dan masyarakat. "Tujuan kegiatan ini yakni untuk memperoleh pemahaman hingga solusi, memberi kesempatan kepada masyarakat, dengan prinsip pelaksanaan sederhana, keadlian, partisipatif, Akuntabel, transparansi dan berkelanjutan," ujarnya.

Sepriyanto menambahkan selama ini pihaknya melakukan beberapa standar pelayanan di Disdukcapil berkaitan pengurusan dokumen kependudukan. Untuk itu, pihaknya butuh masukan dari masyarakat, berkaitan perbaikan peningkatan kualitas layanan di Dinas Dukcapil Aceh Tamiang lewat konsultasi publik atau public hearing ini.
   
“Publik Hearing merupakan salah satu cara yang dilakukan suatu instansi sebagai penyelenggara, untuk mengetahui apa dan bagaimana sebenarnya tingkat pemahaman, respon, dan ekspektasi publik terhadap suatu kebijakan yang berlaku selama ini, serta yang direncanakan di masa mendatang,” ungkap Sepriyanto.

Untuk itu pihaknya, kata Sepriyanto, mengundang sahabat sekalian, tokoh masyarakat, aktifis mahasiswa, LSM, wartawan untuk berpartisipasi aktif sebagai peserta dalam public hearing ini dengan cara bergabung melalui zoom meeting. “Kami sangat bangga dan berterima kasih bila sahabat sekalian dapat berpartisipasi memberikan masukan dan saran untuk perbaikan layanan Dukcapil,” harap Sepriyanto. (Hen)

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...