Topik

Besok, Nova Iriansyah Dilantik Jadi Gubernur Aceh

·
Besok, Nova Iriansyah Dilantik Jadi Gubernur Aceh
Nova Iriansyah. Foto : Ist

BANDA ACEH - Nova Iriansyah bakal dilantik sebagai Gubernur Aceh sisa periode 2017-2022, Kamis (5/11/2020) besok. Nova akan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Wakil Ketua DPR Aceh Safaruddin mengatakan informasi pelantikan Nova diperoleh DPR Aceh dari Direktur Fasilitasi Kepala Daerah dan DPRD Kemendagri Andri Batara Linggu. Dalam pertemuan itu, Mendagri Tito disebut sudah menemui Presiden Jokowi untuk meminta persetujuan pelantikan Nova.

"Alhamdulillah, Pak Presiden menyetujui tanggal 5 November itu agar Pak Menteri melantik Pak Nova," kata Safaruddin kepada Wartawan, Rabu (3/11/2020).

Safaruddin menjelaskan DPR Aceh akan mempersiapkan proses pelantikan semaksimal mungkin. Pelantikan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus Corona serta berbagai SOP lain.

Nova bakal dilantik dalam rapat paripurna yang digelar di gedung DPR Aceh. Menurut Safaruddin, anggota Dewan yang hadir dalam paripurna tersebut tidak harus mencapai kuorum. "Karena ini bukan paripurna pengambilan keputusan atau persetujuan, tidak harus kuorum. Ini sifatnya hanya pengumuman saja," ujar Safaruddin.

Nova saat ini menjabat Plt Gubernur Aceh, menggantikan Irwandi Yusuf, yang tersangkut kasus dan sudah diberhentikan Presiden Jokowi.

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...