Topik

BMKG: Hujan Intensitas Tinggi Landa Aceh, Warga Diminta Waspadai Banjir

·
BMKG: Hujan Intensitas Tinggi Landa Aceh, Warga Diminta Waspadai Banjir
Gambar Ilustrasi. Foto : Ist

BANDA ACEH - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan intensitas tinggi melanda sebagian wilayah di Aceh dalam dua hari ke depan, yakni Selasa dan Rabu. Masyarakat diminta mewaspadai potensi banjir, longsor, dan sambaran petir.

Koordinator Data dan Informasi BMKG Sultan Iskandar Muda Banda Aceh Zakaria mengatakan, hujan intensitas tinggi karena ada anomali suhu muka laut di laut Andaman dan Selat Malaka. Perubahan itu berdampak terhadap penambahan uap air di sebagian Aceh.

"Di samping itu juga ada belokan angin di Aceh sehingga berpotensi hujan di sebagian Aceh. Demikian kami keluarkan peringatan dini cuaca yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas tinggi kategori 4," kata Zakaria, dilansir dari Kumparan, Senin (15/3/2021).

Pada kategori 4, tambah Zakaria, akan berdampak terhadap pesawat yang kemungkinan harus ditunda atau sementara dibatalkan penerbangannya. Masyarakat juga harus siaga kemungkinan terjadi bencana hidrometeorologi.

"Terutama selalu waspada terhadap potensi yang berdampak banjir untuk daerah aliran sungai, daerah hamparan datar yang luas seperti persawahan yang dapat merendam tanaman petani, banjir genangan di perkotaan, banjir di wilayah hilir, dan bahkan bisa terjadi banjir bandang," ujar Zakaria.

Zakaria menambahkan, masyarakat harus mewaspadai potensi tanah longsor untuk wilayah pegunungan atau wilayah lereng. "Demikian juga bahaya angin kencang dan sambaran petir juga harus mewaspadai pada cuaca seperti ini," sebutnya.

Adapun wilayah yang berpotensi hujan intensitas tinggi, yaitu Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh Tamiang, Gayo Lues, Aceh Selatan, Kota Subulussalam, Aceh Tengah, Nagan Raya, Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Jaya, dan Pidie.

Kawasan Mudah Terbakar

Meski sebagian besar daerah di Aceh bakal diguyur hujan, BMKG juga merilis wilayah yang mudah terjadi kebakaran di Aceh karena cuaca panas.Daerah yang rawan terjadi kebakaran adalah Kota Banda Aceh, Sabang, Aceh Besar, Langsa, Aceh Timur, Aceh Jaya, dan Aceh Selatan.

"Daerah tersebut diperkirakan masih bertahan dengan cuaca cerah dan cerah berawan," katanya. []

Disdukcapil Aceh Tamiang
Disdukcapil Aceh Tamiang
Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...