Topik

BNN Ungkap 6 Kasus Narkoba di Aceh dan Jakarta, Sita Ratusan Kg Ganja dan Sabu

·
BNN Ungkap 6 Kasus Narkoba di Aceh dan Jakarta, Sita Ratusan Kg Ganja dan Sabu
Foto : Istimewa

JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) mengungkap enam kasus penyalahgunaan narkoba lintas jaringan. Dari pengungkapan ini, sebanyak 14 orang ditetapkan sebagai tersangka.

Pengungkapan ini merupakan hasil dari operasi gabungan yang dilakukan BNN bersama dengan Bea Cukai selama satu bulan sejak Februari hingga Maret 2021. Total ratusan kilogram ganja hingga sabu berhasil diamankan.

"BNN menyita ganja seberat 409,18 kilogram, sabu seberat 87,47 kilogram dan ekstasi sebanyak 35.915 butir. Ada 14 tersangka di depan kita," kata Kepala BNN Irjen Petrus Golose saat jumpa pers di Kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, dilansir dari Detikcom, Kamis (25/3/2021).

Petrus menuturkan dari hasil uji laboratorium sementara, barang haram itu diduga berasal dari golongan golden triangle. Hal itu juga diperkuat dari jenis kemasan yang digunakan.

"Kalau kita lihat packaging yang ada ini, kemudian hasil pemeriksaan laboratorium sementara, ini kalau informasi yang berkaitan dengan masuknya barang-barang jenis amfetamin ini ada dua penggolongan, apakah berasal dari golden triangle atau juga berasal dari golden crescent ataupun langsung dari China," tuturnya.

"Kalau melihat packaging ini maka bisa dilihat bahwa ini berasal dari golden triangle atau melewati golden triangle kemudian masuk ke kita. Ini lah saya perintahkan ke seluruh jajaran untuk secara berkesinambungan jadi operasi dilakukan secara berkesinambungan," sambungnya.

Sementara, Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari mengatakan pihaknya sudah mengetahui akan adanya pengiriman narkoba dari Malaysia ke Indonesia. Para pelaku kata Arman, bukan pemula. Mereka yang terlibat dalam transaksi tersebut diketahui sudah beraksi lebih dari tiga kali.

"Oleh karena dari awal kita sudah melakukan penyelidikan maka kita sudah mengerti bahwa ada pengiriman narkoba dari Malaysia ke Indonesia melalui bandara Soetta yang kemudian dibawa ke Madura oleh beberapa tersangka itu, ada wanita. Sayangnya mereka ini bukan lagi pemula artinya buka rekruitmen baru karena dia sudah kurang lebih ada 3 kali dia melakukan dan suami mereka masing masing saat ini sedang menjalani proses di LP," ujarnya.

Arman menyampaikan para pelaku juga mengetahui barang yang dibawa adalah narkotika. Mereka juga menerima imbalan dari pekerjaan tersebut.

"Kalau kita lihat tadi dan saya tanya mereka memang mengerti yang dibawa adalah narkotika, karena mereka juga sudah menerima upah atau mereka sudah menerima imbalan uang dari pekerjaan yang mereka lakukan ini. Dengan demikian tersimpulkan mereka memang sudah tau dan bagian dari sindikat melihat dari kegiatan dan keterlibatan keluarganya termasuk suaminya," ucapnya. []

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...