Topik

Audiensi ke Danrem 011 Lilawangsa

Bupati Atam dan Gayo Lues Sampaikan Rencana Pembangunan Jalan Kaloy-Lesten

·
Bupati Atam dan Gayo Lues Sampaikan Rencana Pembangunan Jalan Kaloy-Lesten
Foto : Istimewa

LHOKSEUMAWE - Jalan sepanjang lebih kurang lebih 63 kilometer yang menghubungkan Simpang Semadam Pulau Tiga Kampung Kaloy, Tamiang Hulu, Aceh Tamiang menuju Desa Lesten, kecamatan Pining Kabupaten Gayo Lues yang rencana dikerjakan awal tahun 2021.

Proyek senilai Rp 34,1 Miliar yang diusulkan dari APBA tahun 2021, dengan rincian pembangunan jalan Lesten, Gayo Lues Rp 20 miliar dan Aceh Tamiang Rp 14,1 miliar, yang direncanakan dikerjakan melalui Karya Bhakti TNI, kepada Kodam Iskandar Muda, melalui Korem 011/Lilawangsa.

Pembangunan jalan terobos lintas tengah, Kaloy-Lesten membuka sentra sentra ekonomi baru, pariwisata dan keterisoliran yang selama ini dirasakan oleh masyarakat kedua kabupaten dan juga mempersingkat waktu dari dan ke Sumatera Utara serta mempermudah membawa dan mengeluarkan hasil bumi yang ada di kedua kabupaten.

Penegasan itu disampaikan Bupati Aceh Tamiang, H.Mursil, SH, M.Kn  saat melakukan audiensi ke Danrem 011 Lilawangsa. "Dengan dibukanya jalan tembus poros tengah Kaloy -Lesten memberikan multi effect yang sangat luar biasa, selain membuka peluang ekonomi, juga membuka jalur jalur wisata di Aceh Tamiang, yang saat ini sulit dijangkau dan dilalui,” kata Bupati Mursil kepada Wartawan, Senin (21/9/2020).

Foto : Istimewa.

Dikatakan, lebih dari 22 objek wisata unggulan di Aceh Tamiang menjadi destinasi para turis lokal, nasional dan Mancanegara Negara, yang mampu mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD). "Dalam audiensi tersebut, pihaknya menyerahkan Detail Engineering Design (DED) pembangunan jalan tersebut," ujar Bupati Mursil.

Sementara itu, Bupati Gayo Lues Muhammad Amru, sangat berharap jalan poros tengah tersebut secepatnya dibangun, sebab lintas tengah itu jarak terdekat menuju Sumatera Utara via Aceh Tamiang. "Jika melalui, Gayo Lues-Kutacane- Lawe Pakam-Brastagi-Medan. Butuh waktu 10,5 jam perjalanan, jika melalui jalur lintas Aceh Tamiang ke Sumatera Utara hanya butuh 7 jam perjalanan saja," jelasnya.

Usai melakukan paparan di Korem 011/Lilawangsa, Bupati Gayo Lues juga menyerahkan Detail Engineering Design (DED) pembangunan jalan Lesten, Gayo Lues. Selanjutnya, Bupati Aceh Tamiang dan Gayo Lues beserta Dandim dua Kabupaten melanjutkan perjalanan menuju Kodam Iskandar Muda, Banda Aceh, untuk presentase lebih lanjut. (Hen)

Disdukcapil Aceh Tamiang
Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...