Topik

Bupati Mursil: Izin Peternakan Ayam di Sapta Jaya tidak Diterbitkan

·
Bupati Mursil: Izin Peternakan Ayam di Sapta Jaya tidak Diterbitkan
Bupati Aceh Tamiang ditengah tengah massa yang melakukan unjuk rasa di kantor Bupati. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang memastikan tidak akan menerbitkan izin peternakan ayam potong yang berada di tujuh kampung di kemukiman Sapta Jaya Kecamatan Rantau.

Kebijakan ini disampaikan Bupati Aceh Tamiang H.Mursil, SH, M.Kn di hadapan ratusan masyarakat tujuh Kampung di kemukiman Sapta Jaya yang melakukan unjuk rasa di kantor Bupati setempat ketika, Selasa (16/7/2019). "Sebenarnya hal ini berat, tapi demi kenyamanan terpaksa izin di sana tidak akan dikeluarkan," kata Bupati Mursil.

Bupati menyayangkan sikap peternak yang tidak mampu menjaga kebersihan. Sebenarnya kata dia, bila merujuk kepada Permen Pertanian radius peternakan harus berjarak 500 meter dari pemukiman. "Kita ingin ekonomi bergerak di sana, makanya (izin) dipermudah. Satu kandang dengan satu pekerja kan lumayan, yang penting uang berputar," ujarnya.

Dijelaskannya lagi, penutupan izin di Kemukiman Sapta Jaya tidak otomatis mematikan UMKM. Pemkab akan segera merumuskan solusi permasalahan ini dengan melakukan relokasi. "Di Kecamatan Sekerak dan Bandar Pusaka masih banyak tanah kosong. Nanti kita pikirkan apakah layak dibuat di sana peternakan," ujarnya.

Dalam unjuk rasa ini, massa mengaku sangat terganggu dengan keberadaan peternakan ayam yang berdekatan dengan pemukiman. Selain bau, peternakan ini juga menimbulkan lalat. (Hen)

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...