Topik

Calon Tunggal, Ahmad Jais Ditetapkan Sebagai Kepala Mukim Sangkapane

Calon Tunggal, Ahmad Jais Ditetapkan Sebagai Kepala Mukim Sangkapane
Kepala Mukim Sangkapane terpilih, Ahmad Jais berpose bersama Camat serta Forkopimka Bandar Pusaka. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Panitia pemilihan mukim menetapkan Ahmad Jais sebagai kepala Mukim Sangkapane Kecamatan Bandar Pusaka, Aceh Tamiang. Keputusan itu diambil setelah melalui musyawarah di aula kantor Camat Bandar Pusaka, Kamis (4/3/2021).

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Mukim Sangkapane, Asnawi kepada Wartawan mengatakan Ahmad Jais merupakan calon tunggal kepala Mukim Sangkapane karena sampai batas waktu yang ditetapkan, calon yang mendaftar hanya satu yakni Ahmad Jais.

Pelaksanaan pemilihan Kepala Mukim ini, kata Asnawi, merujuk kepada Qanun Aceh Nomor 3 Tahun 2009 Tentang Tata Cara Pemilihan Dan Pemberhentian Imum Mukim di Aceh. Panita Pemilihan Kepala Mukim Sangka Pane dibentuk pada tanggal 2 maret 2020 yang merupakan hasil rapat Kecamatan terkait rencana pemilihan kepala mukim Sangka Pane definitif.

“Panitia melakukan penjaringan dan penyaringan pada tanggal 9 Maret 2020 sampai dengan 27 Maret 2020. Dari hasil penjaringan hanya ahmad jais yang mendaftarkan diri sebagai calon Kepala Mukim Sangka Pane. Sesuai dengan Qanun Nomor 3 tahun 2009 maka panitia melakukan penjaringan kembali selama 14 hari terhitung dari 31 Maret-13 April 2020 dan calon yang mendaftar belum bertambah," jelas Asnawi.

Akibat Covid-19, panitia melakukan penundaan tahapan pemilihan mukim Sangka Pane. Selanjutnya, sesuai Surat Bupati Nomor 140/5528 tertanggal 12 November 2020, panitia melanjutkan proses penjaringan dan yang juga masih sebanyak satu orang.

Setelah tiga kali dilakukan penjaringan dan penyaringan, yang daftar sebagai mukim hanya satu maka panitia melakukan musyawarah. "Hasil musyawarah tersebut menetapkan Ahmad Jais sebagai Kepala Mukim Sangka Pane periode tahun 2021-2026," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Mukim Sangkapane terpilih, Ahmad Jais mengucapkan, terima kasih kepada peserta musyawarah yang telah menetapkan dirinya menjabat Kepala Mukim Kemukiman Sangkapane .

"Amanah ini harus saya buktikan dengan karya nyata dan jabatan ini akan menjadi momentum untuk mewujudkan perubahan di wilayah kemukiman Sangkapane," ujar mantan Datok Batu Bedulang ini. []

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...