Topik

Cek Dana Otsus Aceh, Wakil Ketua DPR: Lanjut atau Evaluasi?

·
Cek Dana Otsus Aceh, Wakil Ketua DPR: Lanjut atau Evaluasi?
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin. Foto : Ist

BANDA ACEH - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin akan mengecek langsung perjalanan dana Otonomi Khusus (Otsus) tahun ini. Provinsi Aceh merupakan salah satu daerah Otsus yang mendapatkan dana untuk kepentingan pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur, pemberdayaan ekonomi, dan sebagainya.

"Kunjungan kali ini, Otsus ini untuk melihat dan menganalisis serta memantau dan terakhir mengevaluasi, apakah peruntukan dana otsus ini peruntukannya sudah sesuai yang digariskan oleh Undang-Undang, untuk pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan UMKM," kata Azis saat ditemui wartawan di Banda Aceh, dilansir dari Gatra.com, baru-baru ini.

"Nah, ini kita dalam rangka melihat apakah penjelmaan kemudian pengaplikasiannya sudah sesuai dengan mekanisme dan kesepakatan dalam hal yang telah dibahas oleh Badan Anggaran dengan Menteri Keuangan," ujarnya.

Azis menerangkan, hasil kunjungannya itu akan digunakan untuk memutuskan apakah dana Otsus tersebut berjalan benar, ataukah perlu dievaluasi.

"Tentu hasil daripada ini akan memberikan suatu masukan dan keputusan daripada Dewan Perwakilan Rakyat RI untuk meneruskan Otsus ini atau melakukan evaluasi dana Otsus ini, apakah ada kendala atau tidak y,a besok kita akan lihat, ada atau enggaknya," kata Azis.

Menurutnya, dana Otsus harus diperuntukan untuk masyarakat. Kepentingan masyarakat dalam hal pendidikan, ekonomi dan infrastruktur harus ada bukti dan progresnya.

"Yang penting kan tidak boleh ada satu kabupaten atau kecamatan yang masih misalnya ada sekolah yang tidak beralaskan semen, ada desa yang stunting atau kelaparan, itu yang harus kita evaluasi. Seperti di Papua, kan ada yang desa stunting, kan menjadi pertanyaan kenapa itu masih bisa terjadi," tandas Azis. []

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...