Topik

Cerita Gubernur Jakarta 'Tersengat' Bumbu Mie Aceh

·
Cerita Gubernur Jakarta 'Tersengat' Bumbu Mie Aceh
Foto : Istimewa

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, kembali blusukan mencicipi menu khas di warung-warung makan Jakarta. Kali ini dalam blusukannya, ia menceritakan pengalaman melalui akun media sosial saat menyantap sejumlah menu khas dari Provinsi Aceh di warung Mie Aceh Jaly-jaly, baru-baru ini.

"Mie Aceh memang enak. Bumbu rempahnya berani, terlihat warna rempahnya dan begitu dimakan serasa ada sengatan nikmat rempah Nusantara. Satu lagi, ukuran mienya tidak basa-basi, besar dan liat."

"Sudah lama tidak makan Mie Aceh, semalam dalam perjalanan dari sebuah kegiatan di kawasan Mampang terlewatilah sebuah warung mie. Spontan saja tertarik dan minta pengemudi untuk mampir. Jadi mobil putar balik, lalu kita berhenti dan semua mampir," tulis Anies.

Selain Mie Aceh, Anies juga mencoba nasi goreng, roti cane, teh tarik sampai es timun serut. Dari minuman yang ia sudah cicipi, teh Tarik yang paling berkesan. "Teh tariknya benar-benar menarik!" serunya.

Ia pun mendeskripsikan warung tersebut yang sederhana dengan ukuran yang tidak besar. Salah satu hal yang membuatnya senang adalah penerapan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 di warung itu.

"Walau kecil, mereka beri tanda silang di meja, mengirimkan pesan bahwa mereka taat protokol kesehatan. Semua yang bekerja pakai masker. Padahal area masaknya panas dan lembab. Salut!" kata Anies.

Diketahui, warung tersebut sudah beroperasi selama delapan tahun. Juru masak dan semua yang pelayannya adalah perantau dari Bireun, Aceh langsung. Selain itu, Anies menyebut mereka adalah contoh anak muda yang ulet, tangguh dan tanpa tanda lembek, loyo. Sebab, mulai jam 10.00 pagi, mereka sudah berbagi tugas untuk membuka warung tersebut.

"Pagi-pagi bagi tugas. Ada yang belanja ke Pasar Minggu, ada yang siap-siap menata tempat. Anak-anak tangguh seperti inilah yang membuat kita makin optimis bahwa masa depan bangsa kita ini insyaAllah bisa lebih cerah," ujarnya. (**)

CNN Indonesia
Disdukcapil Aceh Tamiang
Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...