Topik

Corona Ganggu Arus Penumpang Pesawat ke Aceh

·
Corona Ganggu Arus Penumpang Pesawat ke Aceh
Foto : Istimewa

JAKARTA - Penumpang pesawat dari atau ke Aceh mulai sepi di tengah merebaknya pandemi Corona. Bahkan ada maskapai yang terbang ke Tanah Rencong dengan membawa lima penumpang. Informasi penurunan jumlah penumpang pesawat awalnya diperoleh dari Kepala Dinas Perhubungan Aceh Junaidi.

Menurutnya, penumpang dalam satu pesawat sekarang berkisar 20 hingga 30 orang. "Itu semua maskapai, Lion sesekali tinggi. Kayak hari ini ada pemulangan santri dari Yogyakarta dan Surabaya," kata Junaidi kepada wartawan, Jumat (17/4/2020).

Junaidi menambahkan, wewenang menutup bandara seperti permintaan Bupati Aceh Besar Mawardi Ali merupakan wewenang Kementerian Perhubungan. Dia menyebut, untuk menutup bandara ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. "Kalau masalah penutupan bandara kebijakan secara nasional bahwa itu kewenangan itu ada di sana," jelasnya.

Sementara itu, EGM Bandara SIM Indra Gunawan, mengatakan, penurunan jumlah penumpang pesawat sudah terjadi sejak sebulan terakhir. Dalam sehari, warga yang berangkat atau datang ke Tanah Rencong tidak menentu.

Pada Rabu 15 April misalnya, pesawat Citilink dari Bandara Kuala Namu, Sumatera Utara terbang dengan lima penumpang. Sementara sore harinya, pesawat Lion Air dari Jakarta transit Kuala Namu membawa 99 penumpang. "Jumlah penumpangnya tidak menentu selama virus Corona," jelas Indra saat dikonfirmasi terpisah.

Seperti diketahui, Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh membatasi jadwal operasional demi mencegah penyebaran Virus Corona. Jadwal penerbangan bakal menyesuaikan dengan jam operasional bandara.

"PT Angkasa Pura II (Persero) Cabang Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh membatasi waktu operasional dari sebelumnya pukul 06.00-22.00 WIB menjadi 08.00-18.00 WIB," kata EGM Bandara SIM Indra Gunawan dalam keterangan kepada wartawan, Senin (6/4). (**)

Sumber : Detikcom

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...