Topik

Dinas ESDM Aceh Tinjau Semburan Lumpur di Kampung Bundar

·
Dinas ESDM Aceh Tinjau Semburan Lumpur di Kampung Bundar
Tim ESDM Aceh melakukan pengukuran CO, CH4 dan H2S di lokasi Semburan Lumpur di Kampung Bundar. Foto : Hendra.

ACEH TAMIANG - Tim dari Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Aceh melakukan pengecekan terkait semburan lumpur yang terjadi di Dusun Rukun Kampung Bundar Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang, Jumat (5/10/2018).

Tim yang terdiri Yusmardani Arya Putra, ST, M.Si, M.Zakir, ST, dan Erwin Effendi, ST melakukan pengecekan langsung di lokasi semburan lumpur dan pengukuran kadar gas di lokasi. Diyakini lokasi lubang semburan berada disamping sumur minyak peninggalan belanda.

"Berdasarkan hasil pengukuran tersebut disimpulkan bahwa kadar CO2 dan CH4 masih berada dibawah ambang batas dan gas metan pada lokasi semburan berasal dari gas dangkal. Diperkirakan semburan lumpur ini akan berhenti sendirinya," kata Staff Dinas ESDM Aceh Yusmardani Arya Putra, ST, M.Si kepada Kabar Tamiang.

Dijelaskannya, berdasarkan dari pengukuran EC dan pH, air yang berada pada lumpur berasal dari air permukaan atau air hujan, sehingga tidak berhubungan dengan air formasi sumur minyak.

"Diharapkan kepada masyarakat sekitar untuk tidak melakukan aktivitas pembakaran atau sejenisnya di dekat area tersebut," harap Yusmardani Arya Putra.(Hen)

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...