Topik

Dirlantas Polda Aceh Tinjau Pos Penyekatan Perbatasan, Puluhan Kendaraan Putar Balik

Dirlantas Polda Aceh Tinjau Pos Penyekatan Perbatasan, Puluhan Kendaraan Putar Balik
Dilantas Polda Aceh, Kombes Pol.Dicky Sondani menanyakan surat swab antigen kepada pemudik yang melewati pos perbatasan di Aceh Tamiang. Foto : Aliyandi.

ACEH TAMIANG - Puluhan kendaraan yang tidak memiliki surat rapid tes antigen disuruh putar balik di pos penyekatan Perbatasan Aceh-Sumut yang berada di Kampung Seumadam Kecamatan Kejuruan Muda, Aceh Tamiang, Sabtu (22/5/2021).

Pantauan Kabar Tamiang di lokasi, saat Dirlantas Kombes Pol Dicky Sondani meninjau pos perbatasan di Aceh Tamiang, puluhan kendaraan yang tidak memiliki surat swab antigen di suruh putar balik oleh petugas.

Dalam kesempatan tersebut Dicky Sondani menyebutkan, masih banyak masyarakat yang belum memahami bahkan tidak mengerti dengan aturan pengetatan mudik. "Terutama masyarakat yang hendak melakukan perjalanan yang menghabiskan waktu lama atau berhari-hari. Dan ketika mereka masuk ke Aceh, surat antigen yang dimiliki sudah tidak berlaku lagi," kata Kombes Dicky Sondani.

Sementara, Dicky mengungkapkan, berdasarkan keputusan pemerintah terbaru, bahwa batas surat antigen berlaku hanya 1x24 jam. Menurutnya, pemerintah memberlakukan semua itu semata-mata demi keselamatan masyarakat Aceh jangan sampai terjadi peningkatan kasus Covid-19 di Aceh.

Untuk itu, Dicky menghimbau dan berharap kepada warga Aceh di luar Aceh hendak pergi ke Aceh dalam jangka waktu perjalanan yang cukup lama, agar dapat mengurus surat antigen di daerah-daerah tertentu, sehingga pada saat masuk ke Aceh surat antigen-nya itu masih berlaku.

Dicky Sondani, menambahkan pemeriksaan dan pengecekan terhadap kendaraan yang membawa penumpang arus balik mudik ke wilayah Aceh masih dilakukan petugas gabungan di pos penyekatan perbatasan Aceh-Sumut.

"Petugas melakukan pemeriksaan dan pengecekan terhadap warga yang masuk ke Aceh, agar membawa surat Swab Antigen yang berlaku selama 24 jam. Kendaraan yang lewat ke Aceh langsung diberikan stiker dari Ditlantas Polda Aceh," ujar mantan Kapolres Aceh Tamiang ini.

Lebih jauh, Dirlantas Polda Aceh mengatakan, kunjungan yang dilakukan pihaknya tersebut ke pos check point perbatasan Aceh Tamiang dalam rangka mengecek pelaksana penyekatan kendaran-kendaran yang masuk dari wilayah Sumatera Utara ke Aceh sesuai surat edaran Gubernur Aceh. "Jadi siapa pun yang masuk ke Aceh wajib dicek dan harus membawa surat antigen," katanya.

Dan pelaksanaan penyekatan arus mudik di pos perbatasan Aceh-Sumut ini, kata Dicky, sampai dengan 24 Mei 2021 mendatang. "Dan setelah jadwal berakhir, kami masih menunggu lagi apa program pemerintah selanjutnya," ujarnya. []

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...