Topik

Dokter Positif Corona, Puskesmas Simpang Kiri Tutup Selama Seminggu

·
Dokter Positif Corona, Puskesmas Simpang Kiri Tutup Selama Seminggu
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Seorang dokter di Puskesmas Simpang Kiri, Kecamatan Tenggulun Kabupaten Aceh Tamiang terkonfirmasi positif corona. Akibat temuan itu, layanan kesehatan masyarakat di puskesmas ditutup sementara waktu hingga sepekan ke depan.

Juru bicara COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, mengatakan, akibat sang dokter berinisial EL (29) dinyatakan terinfeksi corona, Puskesmas Simpang Kiri diminta tutup selama seminggu untuk proses skrining petugas dan sterilisasi dari virus corona.

“EL adalah seorang dokter perempuan yang bertugas di Puskesmas Simpang Kiri, dirinya diketahui positif terinfeksi virus corona dari pemeriksaan swab 77 orang kontak dekat EW (29) pasien positif sebelumnya,” kata Saifullah dalam keterangannya, Minggu (28/6/2020).

Diketahui EW juga merupakan seorang perawat di Puskesmas Simpang Kiri, dia dinyatakan positif corona berdasarkan laporan Ketua Litbangkes Aceh, Dr Fahmi Ichwansyah, pada 26 Juni 2020 lalu.

Menyikapi kemungkinan infeksius di Puskesmas Simpang Kiri, kata Saifullah, Kepala Bidang Kesehatan Gugus Tugas COVID-19 Aceh, telah meminta kepada Dinas Kesehatan Aceh Tamiang untuk menutup operasional Puskesmas sementara waktu selama satu minggu. “Selama Puskesmas Simpang Kiri ditutup, pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat diberikan di Puskesmas terdekat,” imbuh SAG.

Sementara itu selain EL, seorang perawat di Rumah Sakit Bhayangkara Banda Aceh berinisial EM (25) juga dinyatakan positif corona. EM tercatat sebagai warga dari Kabupaten Aceh Besar. “EM diketahui terpapar COVID-19 dari pemeriksaan swab di Litbangkes Aceh, dan hasilnya positif,” ucap Saifullah.

Kemudian per Minggu (28/6) tiga pasien positif corona di Aceh yaitu SH (45), MN (18), dan MD (37) dinyatakan telah sembuh. Berdasarkan hasil pemeriksaan Swab lanjutan, ketiganya terkonfirmasi negatif virus corona.

Hingga saat ini jumlah positif COVID-19 di Aceh tercatat sebanyak 79 kasus, sedang dirawat 52 orang, sembuh 25 orang, dan meninggal dunia 2 orang. “Kasus positif corona di Aceh terus melonjak tajam dalam dua pekan terakhir. Mereka yang terpapar termasuk bayi, Balita, tenaga kesehatan, perawat, dan bahkan dokter di Puskesmas,” pungkas Saifullah. (**)

Sumber : Kumparan

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...