Topik

DPR Aceh Minta Pemprov Percepat Realisasi APBA

·
DPR Aceh Minta Pemprov Percepat Realisasi APBA
Wakil Ketua DPRA Safaruddin. Foto : Ist

BANDA ACEH - Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) meminta agar Pemerintah Aceh mempercepat realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) tahun 2021, yang cakupan serapan anggaran saat ini masih sangat rendah.

“Hingga saat ini realisasi APBA 2021 sangat memprihatinkan, cukup rendah serapan anggarannya,” kata Wakil Ketua DPRA Safaruddin seperti dilansir dari Antara.

Dalam rapat dengan Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA) pada Rabu (7/7) kemarin, kata Safaruddin, pihak legislatif melalui Badan Anggaran (Banggar) juga telah mempertanyakan hal tersebut, sekaligus menekankan agar pemerintah provinsi mempercepat serapan anggaran.

Padahal, kata politisi Partai Gerindra itu, pengesahan APBA 2021 dilakukan pada Desember 2020, dan pengesahan itu cukup cepat apabila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yang sering molor waktu.

Pengesahan tersebut juga mendapat catatan yang baik dari Kementerian Dalam Negeri, kata Safaruddin. “Namun kelemahannya justru pada realisasi kegiatan. Sehingga target dari RPJM dan keingingan masyarakat untuk bisa bangkit dalam pemulihan ekonomi tidak berjalan baik, karena perekonomian rakyat Aceh saat ini sangat tergantung pada jalannya APBA,” katanya.

Menurut dia rendahnya realisasi anggaran menyebabkan masyarakat tidak mendapat perhatian dari Pemerintah Aceh. Kondisi menjadi semakin rumit karena sedang dilanda pandemi COVID-19. “Jadi DPRA menekankan APBA 2021 dipacu cepat, karena ini menyangkut pertumbuhan ekonomi masyarakat Aceh,” kata Safaruddin. []

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...