Topik

Dua Fraksi Minta Bupati Aktifkan Proses Belajar Tatap Muka, Ini Respon Pemkab Aceh Tamiang

Dua Fraksi Minta Bupati Aktifkan Proses Belajar Tatap Muka, Ini Respon Pemkab Aceh Tamiang
Asisten Bidang Pemerintahan Setdakab Aceh Tamiang, Amiruddin saat menyerahkan jawaban Bupati terkait pandangan fraksi-fraksi. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Pemkab Aceh Tamiang melalui Asisten Bidang Pemerintahan, Amiruddin langsung merespon usulan yang disampaikan fraksi Partai Aceh dan fraksi Tamiang Sepakat terkait proses belajar mengajar melalui tatap muka di sekolah.

Sesuai Surat Keputusan (SK) empat menteri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran tahun ajaran 2020/2021, pembelajaran tatap muka hanya bisa dilakukan oleh daerah yang berstatus zona kuning ataupun hijau.

“Kabupaten Aceh Tamiang sampai saat ini masih berstatus zona oranye,” kata Amiruddin, saat membacakan jawaban Bupati pada Rapat Paripurna III RAPBK 2021, Rabu (18/11/2020).

Amiruddin menjelaskan, untuk merealisasikan pembelajaran tatap muka ini, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Di antaranya harus ada izin dari masing-masing orang tua siswa dan sekolah harus mendapat checklist protokol kesehatan.

Dalam kesempatan itu, Amiruddin juga menjelaskan, kalau aktivitas pendidikan di Aceh Tamiang selama pandemi Covid-19 tidak sepenuhnya terhenti.

Sejak virus ini mewabah di Aceh, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tamiang terus berinovasi untuk menjamin proses belajar mengajar tetap berlangsung, yakni dengan program home visit, konsultasi di masjid, dan aplikasi Tamiang Pande.

“Ketiga inovasi ini dibuat dengan pemikiran meringankan kendala siswa maupun wali murid dalam mengikuti pembelajaran daring,” ungkapnya.

Amiruddin menambahkan sekolah di Aceh Tamiang saat ini berpeluang menyelenggarakan pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19, dengan menggunakan formasi 50 persen. "Formasi 50 persen ini sebagai solusi membatasi angka kehadiran siswa di kelas, untuk menghindari penyebaran virus Corona," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, dua fraksi di DPRK Aceh Tamiang, Fraksi Tamiang Sepakat dan Fraksi Partai Aceh meminta Bupati Aceh Tamiang, H.Mursil mengaktifkan kembali sekolah yang terhenti akibat wabah Covid-19.

Proses belajar daring yang dilakukan selama ini, dinilai memberatkan siswa dan wali murid. Desakan ini disampaikan melalui pandangan umum pada Rapat Paripurna II R-APBK 2021, Selasa (17/11/2020). []

Disdukcapil Aceh Tamiang
Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...