Topik

Dubes Myanmar untuk PBB Harap Publik Global Ikut Desak Junta Militer

·
Dubes Myanmar untuk PBB Harap Publik Global Ikut Desak Junta Militer
Foto : Istimewa

JAKARTA - Duta Besar Myanmar untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Kyaw Moe Tun mendesak masyarakat internasional untuk meningkatkan tekanan pada rezim militer Myanmar, sambil bersumpah untuk terus melawan junta selama yang dia bisa.

Seperti dilansir Channel News Asia, Minggu (14/3/2021) penegasan itu disampaikan Kyaw Moe Tun dalam wawancara dengan CNA di New York Jumat (12/3). Utusan tersebut berterima kasih kepada Dewan Keamanan PBB karena telah mengeluarkan pernyataan bersama untuk mengutuk kekerasan terhadap para pengunjuk rasa di Myanmar.

Pernyataan, yang dikeluarkan pada hari Rabu (10/3), disetujui dengan suara bulat oleh 15 anggota dewan keamanan. "Mengecam keras penggunaan kekerasan terhadap pengunjuk rasa damai, termasuk terhadap wanita, kaum muda dan anak-anak," demikian bunyi penggalan pernyataan DK PBB yang mengkritik militer Myanmar itu.

"Pada saat yang sama, unsur-unsur yang terkandung dalam pernyataan presiden tidak sesuai dengan harapan kami. Jadi kami sangat ingin mendapat pernyataan yang lebih kuat dari dewan keamanan dan tindakan yang lebih kuat dari dewan keamanan, "kata Kyaw Moe Tun.

"Itulah yang sangat diinginkan oleh rakyat Myanmar. Kami membutuhkan perlindungan dari komunitas internasional," tambahnya.

Duta Besar itu menambahkan bahwa kaum muda adalah masa depan Myanmar dan perlu dilindungi. "Jika kami tidak bisa melakukannya sendiri, kami perlu mendapatkan bantuan dari komunitas internasional," katanya.

Pada 26 Februari lalu, Kyaw Moe Tun meminta PBB untuk menggunakan segala cara yang diperlukan untuk mengakhiri kudeta militer. Dia diberhentikan pada hari berikutnya oleh junta karena dianggap "mengkhianati negara".

Junta menunjuk wakilnya Tin Maung Naing sebagai pejabat utusan PBB untuk Myanmar. Tin Maung Naing kemudian mengajukan pengunduran dirinya, meninggalkan Kyaw Moe Tun sebagai kepala misi diplomatik. (**)

Sumber : Detikcom

Disdukcapil Aceh Tamiang
Disdukcapil Aceh Tamiang
Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...