Topik

Erdogan Ngamuk! Warning Macron Jangan Main-main dengan Turki

·
Erdogan Ngamuk! Warning Macron Jangan Main-main dengan Turki
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Foto : Ist

JAKARTA - Turki kini tegang dengan Prancis. Ketegangan itu tak lain karena eksplorasi energi yang dilakukan Turki di Laut Mediterania Timur. Sebagaimana diketahui, Prancis mendukung Yunani, yang saling memperebutkan wilayah gas dengan Turki. Bahkan Prancis paling vokal dan meluncurkan militer untuk membela sekutunya itu.

Terbaru, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengutuk keras Ankara karena kebuntuan yang terjadi. Bahkan ia meminta Eropa tegas pada Turki, bukan hanya ke bangsanya dan rakyatnya, tapi juga ke sang presiden.

Hal ini membuat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memperingatkan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Ia meminta Macron untuk tidak menjadi pengacau. "Jangan macam-macam dengan orang-orang Turki," kata Erdogan dalam pidato yang disiarkan televisi di Istanbul pada peringatan 40 tahun kudeta militer 1980, Sabtu (12/9/2020) waktu setempat.

Ia bahkan mengatakan Macron kurang paham sejarah. Sikap Macron, kata dia, akan membuatnya makin banyak bermasalah dengan Turki. Ini merupakan komentar keras pertama yang diungkapkan secara langsung oleh Erdogan. "Macron, kamu tak punya banyak waktu. Ini batas terakhirmu," ujar Erdogan lagi.

Sebelumnya, Turki mengerahkan kapal penelitian dan kapal perang Oruc Reis ke perairan yang disengketakan pada 10 Agustus dan memperpanjang misi tiga kali. Ini membuat Yunani mengadu ke Eropa karena menilai area tersebut wilayahnya. (**)

Sumber : CNBC Indonesia

Disdukcapil Aceh Tamiang
Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...