Topik

FPI: Habib Rizieq Menolak Diperiksa Kasus Kerumunan Megamendung

·
FPI: Habib Rizieq Menolak Diperiksa Kasus Kerumunan Megamendung
Foto : Istimewa

JAKARTA - Penyidik Polda Jabar hari ini mendatangi kantor Polda Metro Jaya guna menjalani pemeriksaan terhadap Habib Rizieq Shihab dalam kasus kerumunan massa yang terjadi di Megamendung, Bogor. Namun, pengacara FPI Yanuar Aziz mengatakan Habib Rizieq tidak bersedia diperiksa sebagai saksi kasus Megamendung.

"Pemeriksaan tadi mulai pukul 11.00 WIB atau 10.00 WIB tadi saya agak lupa. Kemudian pihak Habib menanyakan sebagai apa saat ini, karena sebagai saksi, dengan alasan harus fokus terhadap kasus di mana beliau jadi tersangka yang di Polda ini, kasus kerumunan Megamendung maka Habib merasa harus fokus ke situ (Polda). Jadi Habib tidak bersedia diperiksa sebagai saksi dalam kasus yang di Jabar sebagai saksi," ujar Aziz di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (14/12/2020).

Sekum FPI itu juga mengatakan Habib Rizieq menandatangani BAP dengan menyatakan tidak bersedia terkait pemeriksaan kasus Megamendung. Karena itu, penyidik, menurut Aziz, langsung kembali ke Polda Jabar.

"Kan Habib Tidak bersedia diperiksa tadi. Kan kita hormati kemudian kita tanda tangan berita acara pemeriksaan tadi bahwa beliau tidak bersedia ya sudah. Terus singkat aja pulang. Pas dzuhur sudah selesai. Penyidik juga langsung kembali ke Polda Jabar. Pemeriksaan ada, tapi Habib menolak diperiksa pada saat BAP," kata Aziz.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago mengatakan agenda pemeriksaan terhadap Rizieq sendiri sudah terjadwalkan. Polisi akan meminta keterangan Rizieq terkait kasus kerumunan Megamendung yang diduga melanggar pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Selain itu, penyidik akan memeriksa dua orang diduga panitia penyelenggara. Polisi menunggu kehadiran kedua orang tersebut untuk dimintai keterangan. "Jadi kemungkinan penyidik dari Polda Jabar akan ke Polda Metro untuk meminta keterangan Bapak HRS," tutur Erdi.

"Kita masih menunggu, sesuai dengan jadwal kita masih menunggu. Kita masih menunggu saja apakah yang bersangkutan panitia dan penyelenggara yang di Megamendung itu datang atau tidak," lanjut dia. (**)

Sumber : Detikcom

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...