Topik

Vaksinasi Covid-19

Gubernur Nova: Jangan Takut, Vaksin Aman dan Halal

·
Gubernur Nova: Jangan Takut, Vaksin Aman dan Halal
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah saat melakukan Vaksin Covid-19. Foto : Ist

BANDA ACEH - Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan tak mengalami gejala apapun usai disuntik vaksin Covid-19. Sementara, Gubernur Maluku Murad Ismail sempat terhambat saat proses vaksinasi akibat tekanan darah tinggi.

Berdasarkan pantauan CNN Indonesia, di Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh, Jumat (15/1), Nova, yang sudah disuntik vaksin di lengan sebelah kiri, sempat berkelakar kepada petugas meminta suntik vaksin di lengan sebelah kanannya.

"Sebelah lagi enggak ya? Kalau bisa sebelah lagi ya," tutur Nova sambil tertawa. Setelah itu Nova langsung ke meja registrasi untuk observasi pasca-vaksinasi.

Setelah 30 menit di suntik vaksin, Nova belum merasakan efek samping apapun. "Ini sudah 30 menit ya, belum ada efek apa-apa, biasa saja. Semoga tidak ada," ungkapnya.

Peserta vaksinasi selanjutnya ialah Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Hasanuddin, Perwakilan Polda Aceh, Sekretaris Daerah Aceh, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh, Kepala Dinas Kesehatan, dan pejabat lainnya.

Menurut Nova, vaksinasi dilakukan terhadap pihaknya guna meyakinkan masyarakat bahwa vaksin jenis Sinovac itu halal dan aman. "Masyarakat jangan takut ini aman dan halal," kata Nova.

Vaksinasi untuk warga Aceh sendiri akan dimulai pada Maret. Pemerintah Aceh akan menggandeng tokoh-tokoh masyarakat dan ulama untuk mensosialisasikan vaksinasi kepada warga.

Meskipun ada warga yang menolak, Nova mempersilahkan. "Vaksinasi harus dilakukan, jika tidak mudharat-nya jauh lebih banyak. Kita akan imbau melalui tokoh-tokoh masyarakat untuk soal vaksinasi ini," ujarnya.

Diketahui, sekitar 3,7 juta penduduk Aceh bakal di vaksin. Total jumlah tenaga kesehatan yang dimiliki Aceh saat ini mencapai 56.450 orang sementara TNI dan Polri, sebanyak 365.294 orang yang akan di prioritaskan.

Selanjutnya, masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi sebanyak 1.771.014 orang, dan pelaku ekonomi esensial serta kelompok masyarakat lainnya sebanyak 1.592.752 orang. (**)

Sumber : CNN Indonesia

Disdukcapil Aceh Tamiang
Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...