Topik

Hari Pertama Meugang di Aceh Tamiang, Harga Daging Rp140 Ribu/Kg

Hari Pertama Meugang di Aceh Tamiang, Harga Daging Rp140 Ribu/Kg
Pedagang menjajakan daging sapi pada hari pertama meugang di pajak kedai bawah Kota Kualasimpang. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Hari pertama pelaksanaan tradisi Meugang, harga daging sapi mencapai Rp140 ribu perkilogram di lokasi Pajak Bawah dan lokasi dekat lapangan basket Kota Kualasimpang Kecamatan Kota Kualasimpang, Aceh Tamiang, Minggu (11/4/2021).

Pantauan Kabar Tamiang di lokasi, para pedagang dadakan yang menggelar dagangan daging sapi di lokasi dekat lapangan basket Kota Kualasimpang dan lokasi Pasar Kedai Bawah Kota Kualasimpang menjual daging sapi antara Rp140-Rp150 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang, Sunar mengatakan harga daging di tempat jualannya sekitar Rp140 ribu setiap kilonya. "Tadi pagi kita menjual daging dengan harga Rp140 ribu per kilogram," ujarnya.

Menurut Sunar, situasi ekonomi rakyat di Kabupaten Aceh Tamiang memang lagi susah dan ditambah lagi ada pandemi COVID-19. ”Tetapi tetap saja ada warga yang beli daging sapi lokal yang saya jual seharga Rp140 ribu per kilogram,” ujarnya.

Meugang merupakan satu tradisi yang diwariskan secara turun-temurun di Aceh. Tradisi selama dua hari itu berlangsung tiga kali dalam setahun, yaitu meugang puasa (menjelang puasa), meugang uroe raya puasa (menjelang hari raya Idul Fitri), dan meugang uroe raya haji (menjelang hari raya Idul Adha).

Tradisi meugang tersebut yaitu tradisi dengan memakan daging sapi atau kerbau. Bagi masyarakat Aceh, menyambut Ramadhan atau lebaran tanpa meugang akan terasa hambar.

Walaupun bukan sebuah kewajiban, namun sudah menjadi keharusan, sehingga jarang dijumpai pada masyarakat Aceh yang tidak makan daging sapi atau kerbau menjelang Ramadhan tiba. []

GeBeTan - Ramadhan
Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...