Topik

Hasil Tes DNA Pasien RSJ Aceh Diduga Polisi Bakal Diumumkan Mabes Polri

·
Hasil Tes DNA Pasien RSJ Aceh Diduga Polisi Bakal Diumumkan Mabes Polri
Foto : Istimewa

BANDA ACEH - Polda Aceh masih menunggu hasil tes DNA seorang pasien rumah sakit jiwa (RSJ) Aceh diduga anggota Brimob, Bharaka Asep, yang hilang saat tsunami pada 2004. Hasil tes itu bakal diumumkan Mabes Polri.

"Nanti Mabes Polri yang akan mengumumkan hasil tes DNA-nya karena menyangkut dua Polda," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy dilansir Detikcom, Senin (29/3/2021).

Kedua Polda itu adalah Polda Aceh dan Polda Lampung. Sampel tes DNA pasien RSJ diambil tim Biddokkes Polda Aceh sedangkan pengambilan sampel DNA keluarga Bharaka Asep dilakukan tim Biddokkes Polda Lampung.

Pemeriksaan DNA itu dilakukan di Pusdokkes Laboratorium DNA di Jakarta. Menurut Winardy, hasil tesnya keluar sekitar dua pekan. "Hasilnya 12 hari," jelas Winardy.

Winardy menyebut, Polda Aceh belum mendapat informasi soal kedatangan keluarga Bharaka Asep ke Aceh. Polisi masih menunggu informasi dari keluarga Asep di Lampung.

Sebelumnya, Polda Aceh telah menerima keterangan soal ciri-ciri fisik anggota Brimob Bharaka Asep yang diduga hilang saat tsunami Aceh pada 2004 dari pihak keluarga. Ciri-ciri itu ditemukan pada seorang pasien rumah sakit jiwa (RSJ) Aceh yang kerap dipanggil Pak Zainal.

Berdasarkan keterangan adik kandung Asep yang berada di Lampung, anggota Brimob itu memiliki sejumlah ciri-ciri, antara lain luka di pelipis kanan, lesung pipit, serta tanda khusus di telinga. "Ciri fisik itu sudah ditemukan di pasien diduga Asep," kata Winardy kepada wartawan, Jumat (19/3).

Kondisi pasien RSJ yang dikenal dengan nama Pak Zainal itu lebih kurus. Namun polisi memastikan ciri-ciri Pak Zainal sama dengan Asep. "Kita sudah memastikan kemungkinan 80 persen ciri-ciri fisik yang disebutkan saudaranya ada di 'Asep' yang di RSJ," jelas Winardy. []

Disdukcapil Aceh Tamiang
Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...