Topik

Indonesia Vs Vietnam: Skuat Garuda Dihantam 1-3

·
Indonesia Vs Vietnam: Skuat Garuda Dihantam 1-3
Foto : Istimewa

GIANYAR - Indonesia kembali menelan kekalahan di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Menjamu Vietnam, Indonesia dipaksa menyerah dengan skor akhir 1-3. Duel Indonesia vs Vietnam digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (15/10/2019). Skuat Garuda tertinggal 0-1 di babak pertama karena gol Do Duy Manh.

Usai turun minum, Vietnam menambah dua gol lain dari sepakan penalti Que Ngoc Hai dan Nguyen Tien Lienh. Sedangkan gol hiburan Indonesia dicetak pemain pengganti Irfan Bachdim di tujuh menit terakhir.

Dengan demikian, Indonesia menderita kekalahan di masing-masing dari empat pertandingan yang telah dimainkan. Sebelumnya tim 'Merah Putih' takluk di tangan Malaysia 2-3, Thailand 0-3, dan Uni Emirat Arab 0-5.

Dengan hasil ini, Indonesia menderita kekalahan di empat pertandingan pertama kualifikasi. Alhasil, Indonesia masih terpuruk di dasar klasemen Grup G tanpa poin, sedangkan Vietnam memuncaki klasemen sementara dengan 10 poin. Di pertandingan kelima, Indonesia akan melawat ke Malaysia pada 15 November mendatang. 

Jalannya Pertandingan

Indonesia menerima tekanan Vietnam di lima menit awal pertandingan. Skuat Garuda kemudian membalas saat umpan silang Saddil Ramdani belum akurat sehingga hanya menghasilkan tendangan gawang.

Ancaman beruntun dari Vietnam di menit ke-19. Diawali dari tendangan bebas Nguyen Quang Hai, bola bisa diamankan tapi bergulir di jalur pemain Vietnam yang diteruskan dengan sepakan keras meski masih mentah ditangkis Muhammad Ridho.

Sementara itu serangan-serangan yang dibangun Indonesia belum efektif. Penyelesaian akhir Indonesia sulit menemui sasaran. Di menit ke-27, Vietnam akhirnya membuka keunggulan atas Indonesia 1-0. Do Hung Dung menanduk bola sepak pojok ke tengah gawang, sebelum diselesaikan Do Duy Manh dengan sepakan dari jarak dekat. 

Vietnam nyaris menambah gol semenit berselang. Yanto Basna kehilangan bola di lapangan tengah sehingga Vietnam bisa melakukan serangan. Beruntung penyelesaian akhir Vietnam hanya melambung. 

Indonesia melewatkan kesempatan menciptakan peluang di ment ke-37. Sebuah umpan silang matang dari sisi kanan menemui Stefano Lilipaly di kotak penalti. Membelakangi gawang, Lilipaly melakukan tendangan akrobatik yang gagal.

Empat menit kemudian, Indonesia menciptakan peluang terbaiknya. Sepak pojok Evan Dimas meluncur ke arah tiang jauh yang disambut Yanto Basna dengan sundulan. Dang van Lam masih bisa menangkap bola.

Serangan balik cepat Vietnam membahayakan gawang Indonesia. Menerima umpan terobosan, Nguyen Tien Lienh melepaskan sepakan kaki kiri yang melebar tipis dari gawang Muhammad Ridho.

Percobaan yang bagus dari Juni Antara menjelang turun minum. Juni Antara meneruskan bola sepak pojok dengan tendangan keras yang mengarah ke sudut atas gawang Vietnam. Babak pertama berakhir skor 1-0 tetap bertahan.

Terjangan Yanto Basna terhadap Hung Dung memaksa wasit menunjuk titik penalti. Que Ngoc Hai tampil sebagai eksekutor dan sukses melakukan pekerjaangannya usai mengirim Muhammad Ridho ke arah yang salah sehingga skor berubah 2-0 di menit ke-55.

Vietnam hanya butuh enam menit untuk mencetak gol ketiganya. Umpan terobosan dari garis tengah lapangan diterima Tien Linh. Tanpa penjagaan ketat, Tien Linh dengan mudah menaklukkan penjagaan M Ridho untuk menjadikan skor kini 3-0.

Usaha Indonesia mencetak gol balasan kandas. Di menit ket-72, sepakan Beto Goncalves dari dalam kotak penalti hanya bersarang di sisi luar gawang Vietnam.

Usaha Indonesia akhirnya bisa menciptakan gol balasan di menit ke-84. Manuver Riko Simanjutak menusuk kotak penalti Vietnam sebelum menyodorkan bola yang diselesaikan Irfan Bachdim untuk menipiskan skor menjadi 1-3.

Di tengah upaya mencetak gol tambahan, Indonesia justru kembali dihukum penalti setelah pelanggaran Otavio Dutra di masa injury time. Muhammad Ridho sukses menangkal eksekusi penalti Do Hung Dung tapi kekalahan Indonesia tidak dapat terhindarkan. Pertandingan berakhir. Indonesia dikalahkan Vietnam 1-3. (**)

Sumber : Detikcom

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...