Topik

Ini Dia, Dua Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan di Aceh Tamiang

·
Ini Dia, Dua Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan di Aceh Tamiang
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Langsa (baju putih) saat meresmikan Desa Ie Bintah sebagai desa sadar BPJS Ketenagakerjaan beberapa waktu yang lalu. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Langsa menetapkan Desa Ie Bintah Kecamatan Manyak Panyed dan Desa Pahlawan Kecamatan Karang Baru sebagai Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan untuk Kabupaten Aceh Tamiang.

"Desa Ie Bintah kecamatan Manyak Panyed merupakan desa kedua di Kabupaten Aceh Tamiang yang ditetapkan sebagai desa sadar BPJS Ketenagakerjaan, setelah desa Pahlawan Kecamatan Karang Baru," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Langsa, Awalul Rizal, SE, MM kepada Kabar Tamiang, Minggu (15/4/2018).

Menurutnya, keberadaan dua desa sadar BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Aceh Tamiang ini, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat pekerja untuk ikut asuransi.

"Melalui program desa sadar ini diharapkan dapat memberikan edukasi dan informasi bagi masyarakat serta melalui program ini, penduduk diharapkan dapat memenuhi kebutuhan hidup dasar apabila terjadi hal-hal yang mengakibatkan hilang atau berkurangnya pendapatan karena sakit, kecelakaan, kehilangan pekerjaan dan memasuki usia lanjut atau pensiun," ujarnya.

Pihaknya, kata Awalul Rizal, terus mendorong para pemangku kepentingan dalam wilayah kerja BPJS Ketenagakerjaan Cabang Langsa, untuk mendaftarkan masyarakat desa sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Masyarakat pedagang di desa atau perangkat desa juga termasuk pekerja yang layak menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," terang Awalul Rizal.

Disebutkan, kecelakaan kerja bisa terjadi pada siapa saja dan dimana saja. Untuk itu, diperlukan adanya asuransi bagi para pekerja tersebut.

"Kita tidak berharap adanya kecelakaan kerja. Tapi itu sebuah resiko yang harus ada solusinya yakni melalui kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya.

Awalul Rizal menambahkan, hingga kini pihaknya terus berupaya agar semua pekerja di Kabupaten Aceh Tamiang bisa diakomodir sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan

Bila terjadi kecelakaan kerja, lanjut dia, keluarga atau ahli waris dapat mengklaim pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Langsa berupa biaya perobatan, santunan kematian maupun cacat permanen.

"Semua klaim dari peserta sangat mudah. Proses pendaftarannya juga tidak rumit, mari kita selamatkan para pekerja kita dengan jaminan sosial ketenagakerjaan," ujar Awalul Rizal.(Hen).

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...