Topik

Ini Kelebihan Belimbing yang Berkhasiat Turunkan Gula Darah

·
Ini Kelebihan Belimbing yang Berkhasiat Turunkan Gula Darah
Buah Belimbing. Foto : Ist

JAKARTA - Buah belimbing kaya akan mineral. Ia memiliki rasa manis dan asam, ia juga memiliki tekstur yang renyah, keras, dan sangat berair. Sekitar 90% komponennya mengandung air, asam fenolik (polifenol) dan asam oksalat dalam jumlah besar, serta sangat rendah gula.

Dengan kandungan yang kaya nutrisi, buah belimbing juga diyakini mampu membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Kabar baiknya, belimbing dapat ditemukan dengan mudah di pekarangan rumah maupun di kebun. Buah ini juga relatif memiliki harga yang terjangkau. Dengan kemudahan itu, rugi jika Anda tidak memanfaatkan buah belimbing untuk tujuan kesehatan.

Seperti apa uraian khasiat belimbing selengkapnya? Simak penjelasannya berikut ini ;

1. Mencegah Kenaikan Gula Darah

Indeks glikemik atau GI adalah ukuran seberapa cepat suatu makanan menyebabkan kadar gula darah kita naik. Karena belimbing memiliki indeks glikemik rendah, perlahan-lahan diserap dalam aliran darah dan dapat membantu mencegah perubahan suasana hati serta mengidam gula.

Di sisi lain, makanan seperti roti putih dan nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi. Makanan-makanan ini mudah dipecah dan dapat menyebabkan kadar gula serta insulin meningkat setelah makan.

2. Membantu Mendukung Sistem Pencernaan

Serat belimbing merangsang gerakan peristaltik dan meningkatkan sekresi jus lambung. Hal itu dapat mencegah sembelit, meningkatkan pencernaan, dan melindungi tubuh dari kondisi yang lebih parah seperti kanker kolorektal.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Karena kandungan airnya yang tinggi dan kalorinya yang rendah, belimbing dapat menjadi tambahan yang bagus dalam diet saat seseorang ingin menurunkan berat badan. Belimbing dapat membuat Anda kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan.

4. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Belimbing mengandung magnesium dan mineral yang dapat meningkatkan kualitas serta ketenangan tidur. Plus, belimbing juga membantu mengurangi terjadinya insomnia dan gangguan terkait tidur lainnya.

5. Memerangi Infeksi

Vitamin C adalah antioksidan alami yang larut dalam air dalam belimbing dapat membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan menghilangkan radikal bebas penyebab kanker dalam tubuh.

6. Membantu Menjaga Tekanan Darah Tetap Sehat

Karena potasium yang tinggi dan kandungan natrium yang rendah, belimbing dapat membantu pembuluh darah rileks dan menjaga tekanan darah.

7. Menjaga Rambut Agar Tetap Sehat

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C dalam jumlah banyak juga dapat memelihara kolagen, protein penting yang ditemukan di rambut dan kulit. Belimbing juga memiliki jumlah vitamin A signifikan yang mampu meningkatkan produksi sebum sehingga menjaga rambut tetap lembab. (**)

GeBeTan - Ramadhan
Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...