Topik

Jelang Babak Semifinal Euro 2020, Ini Rekor Pertemuan Italia vs Spanyol

·
Jelang Babak Semifinal Euro 2020, Ini Rekor Pertemuan Italia vs Spanyol
Foto : Istimewa

JAKARTA - Italia akan bertemu Spanyol dalam semifinal Euro 2020. Dua dari tiga kemenangan La Roja di turnamen diraih melalui adu penalti. Partai semifinal Italia melawan Spanyol akan digelar Selasa (6/7/2021) atau Rabu dini hari mulai pukul 02.00 WIB di Stadion Wembley.

Termasuk pertandingan persahabatan, ini akan menjadi pertemuan ke-38 antara kedua negara. Catatannya, Spanyol 13 kali kemenangan, Italia 11 kali menang, 13 partai sisanya berakhir seri. Keseimbangan terlihat dalam gol, karena masing-masing tim mencetak dan kebobolan 51 gol.

Pertemuan terakhir mereka adalah kualifikasi Piala Dunia 2018, bermain imbang 1-1 di Italia dan kalah 3-0 di leg kedua. Namun, saat bertemu di sebuah turnamen, gambarannya terlihat sedikit lebih meyakinkan bagi Azzurri.

Dalam situasi ini, Italia menang tiga kali, imbang tiga kali dan kalah tiga kali tetapi hanya satu kemenangan Spanyol yang datang di waktu reguler. Di Piala Eropa 2012, kedua tim bertemu dua kali. Saat bertanding di penyisihan grup, pertandingan bermain imbang 1-1. Namun saat berhadapan di partai final, Spanyol menang telak 4-0 dan menjadi juara.

Pada ajang Piala Konfederasi 2013, Italia juga bertemu Spanyol di semifinal. Saat itu Spanyol meraih tiket ke final dengan mengalahkan Italia melalui adu penalti. Sementara pada perempat final 2008, Spanyol juga menang atas Italia melalui adu penalti.

Italia menang 2-0 di babak 16 besar Euro 2016 berkat gol dari Giorgio Chiellini dan Graziano Pelle. Mungkin pertemuan yang paling diingat adalah perempat final Piala Dunia 1994, saat Dino Baggio dan gol telat Roberto Baggio memastikan kemenangan 2-1 Azzurri.

Pelatih Spanyol saat ini Luis Enrique juga mengingatnya dengan baik, karena hidungnya patah akibat sikut Mauro Tassotti. Saat itu masih belum ada sistem video assistant referee alias VAR. Mereka dijadwalkan bertemu lagi pada 6 Oktober 2021 mendatang untuk semifinal Nations League atau Liga Negara Eropa. (**)

Beritasatu.com
Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...