Topik

Jual Siamang Hitam, 4 Remaja di Aceh Utara Ditangkap Polisi

·
Jual Siamang Hitam, 4 Remaja di Aceh Utara Ditangkap Polisi
Foto : Istimewa

BIREUEN - Empat orang remaja asal Aceh Utara, Aceh, ditangkap polisi. Mereka ditangkap karena diduga menjual seekor siamang hitam.

"Keempat orang ini diduga hendak menjual satwa jenis Siamang Hitam (Symphalangus syndactylus) yang dilindungi Undang-undang. Keempatnya berinisial MY (17), FM (19), RH (19) dan SI (16)," kata Kasat Reskrim Polres Bireuen, Iptu Dimmas Adhit Putranto, kepada wartawan, Kamis (25/6/2020).

Penangkapan keempatnya bermula saat polisi menggelar patroli di seputaran Kecamatan Gandapura, Bireuen pada Jumat (19/6) sekitar pukul 20.15 WIB. Polisi kemudian mencurigai satu unit mobil yang mengangkut jerigen minyak. Setelah diberhentikan, polisi menemukan satu sangkar rotan di antara jerigen tersebut. Di dalam sangkar terdapat seekor siamang hitam.

Keempat remaja tersebut lalu dibawa ke Polres untuk diperiksa. Mereka disebut mengaku siamang tersebut ditangkap di area kebun sawit di daerah Desa Gunci Kecamatan Sawang, Aceh Utara. "Rencananya hewan tersebut akan di antar ke seseorang di desa Monklayu Kecamatan Gandapura Bireuen untuk dijual," jelas Dimmas.

Setelah diperiksa, polisi menetapkan dua orang sebagai tersangka yaitu F dan MY. Sedangkan FM dan RH dijadikan saksi. "Pelaku dijerat Pasal 40 ayat 2 UU nomor 05 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE) kurungan 5 tahun penjara," ujarnya. (**)

Sumber : Detikcom

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...