Topik

Kadis DLH Aceh Tamiang: Kualitas Air Sungai Tamiang Tercemar Sedang

Kadis DLH Aceh Tamiang: Kualitas Air Sungai Tamiang Tercemar Sedang
Kepala ĐLH Aceh Tamiang, Sayed Mahdi. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Aceh Tamiang telah melakukan pemantauan kualitas air sungai Tamiang sepanjang tahun 2020. Pemantauan kualitas air sungai Tamiang ini dilakukan 2 tahap yaitu bulan Juni dan Oktober 2020.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sayed Mahdi kepada Kabar Tamiang, Rabu (23/12/2020) di sela-sela kegiatan pemberian penghargaan kepada ASN/PDPK/PDPKT terbaik yang bertugas pada DLH tahun 2020.

"Pemantuan kualitas air sungai tamiang dilakukan dengan pengambilan sampel air sungai di enam titik lokasi yakni Jembatan Kampung Kaloy, jembatan gelondeng, jembatan gantung Bukit Rata Kejuruam Muda, jembatan Kota Kualasimpang, jembatan Alur Manis dan dermaga Seruway," ujar Sayed Mahdi.

Menurutnya, ada 20 parameter yang dianalisa per sampelnya. Diantaranya parameter TDS, TSS, BOD, COD, minyak dan lemak, Nitrat, Nitrit, total posfat (PO4), detergen, E-coli, coliform dan total coliform serta detergen.

Dari hasil pengolahan data diperoleh hasil indeks pencemaran 5,59 yang bila dilakukan penyekoran nilai ini termasuk ke dalam kategori Cemar Sedang. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan potensi pencemaran yang diakibatkan oleh beberapa aktifitas diantaranya aktifitas perkebunan, industri, permukiman, usaha tambang galian C dan juga limbah domestik.

Untuk itu, kata Sayed, pihaknya dihimbau kepada seluruh pelaku usaha, untuk dapat melakukan pengelolaan dan pemantauan lingkungan kegiatan usahanya masing-masing sesuai dengan yang tercantum di dalam ijin lingkungan yang telah dimiliki.

"Pihak DLH ke depan akan terus mensosialisasi tentang kewajiban dan pentingnya pengelolaan bagian kegiatan/usaha, dan pihak DLH juga akan berusaha untuk meningkatkan pengawasan terhadap seluruh kegiatan yang ada," jelasnya. []

Disdukcapil Aceh Tamiang
Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...