Topik

Karang Taruna Aceh Tamiang Gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar

Karang Taruna Aceh Tamiang Gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar
Acara pembukaan pelatihan jurnalistik tingkat dasar. Foto : Madan.

ACEH TAMIANG - Karang Taruna Kabupaten Aceh Tamiang bekerja sama dengan Bank Aceh Syariah (BAS) Cabang Kualasimpang menggelar pelatihan Jurnalistik tingkat dasar bagi pelajar SMA/SMK dan pengurus Karang Taruna Desa dan Kabupaten.

Wakil Ketua I Karang Taruna Aceh Tamiang, Muhammad Hendra Vramenia dalam sambutannya mengatakan pelatihan jurnalistik tersebut dilaksanakan selama dua hari, dari 25-26 November 2021 di aula Bank Aceh Syariah Cabang Kualasimpang lantai 4.

"Peserta pelatihan jurnalistik terdiri dari 20 pelajar SMA/SMK dalam Kabupaten Aceh Tamiang, 20 pengurus Karang Taruna desa dan 10 pengurus Karang Taruna Kabupaten. Total peserta yakni 50 orang," kata Hendra.

Hendra menambahkan kegiatan pelatihan jurnalistik tingkat dasar ini mengambil tema "Menumbuhkan Semangat Menulis bagi Generasi Muda" dan menghadirkan tiga pemateri yakni Pimpinan Redaksi Media KabarTamiang.com, Ayi Yufridar, Wartawan AcehSatu.com, Muhammad Nasir dan Wartawan KabarTamiang.com, Iqbal Suliansyah.

Foto : Madan

Sementara itu, Wakil Pimpinan Bank Aceh Syariah Cabang Kualasimpang, Afrian dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan pelatihan jurnalistik tingkat dasar ini merupakan wujud dukungan Bank Aceh Syariah terhadap pengembangan SDM pemuda di bidang Jurnalistik.

"Pelatihan Jurnalistik ini bertujuan untuk membekali sejumlah pelajar dan Pemuda agar mampu meningkatkan kualitas penulisan sebuah konten di media sosial atau website pribadi. Sehingga setelah mengikuti pelatihan ini, peserta dapat menulis berita atau membuat konten yang kreatif, informatif dan komunikatif yang etis untuk disebarkan melalui berbagai media baik media cetak maupun online," ujar Afrian. 

Dalam jurnalistik, kata Afrian, menulis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang jurnalis. Menulis suatu berita, artikel, opini dan bentuk lainnya tidak bisa sembarangan.

Menulis membutuhkan rangkaian kalimat-kalimat yang mudah dipahami, tidak berlebihan dan sesuai dengan topik yang diangkat. "Belajar jurnalistik pada orang yang tepat akan memberikan kita pandangan dan pengetahuan baru untuk diaplikasikan ke dalam tulisan kita sehingga menjadi tulisan yang singkat, padat dan jelas," katanya.

Acara pembukaan pelatihan jurnalistik tingkat dasar ini turut dihadiri oleh Ketua DPRK Aceh Tamiang, Suprianto, Wakil Pimpinan BAS Cabang Kualasimpang, Afrian, Kabag Humas Setdakab Aceh Tamiang, pengurus Karang Taruna dan perwakilan dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Tamiang. []

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...