Topik

Kasus Corona Meningkat, Satgas Covid-19 Aceh Tamiang Gelar Rakor

·
Kasus Corona Meningkat, Satgas Covid-19 Aceh Tamiang Gelar Rakor
Bupati Aceh Tamiang, H.Mursil meminpin Rakor Pencengahan Covid-19. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Meningkatnya jumlah kasus yang terpapar Covid-19 di Aceh Tamiang mendorong Pemkab setempat melalui Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, berupaya menemukan solusi memecahkan masalah, dengan mengelar Rapat Kordinasi (Rakor) pencengahan virus Corona di ruang rapat Bupati, Selasa (13/10/2020).

Rapat koordinasi tersebut dipimpin Bupati Aceh Tamiang, H.Mursil dan dihadiri oleh Dandim 0117 Aceh Tamiang Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita, Kepala BPBD, Direktur RSUD Aceh Tamiang, Kadinkes Aceh Tamiang, Kepala Dinas Syari'at Islam, Inspektur Kabupaten Aceh Tamiang, Kabag Ops Polres Aceh Tamiang, Kabag Humas dan unsur lainnya.

Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil dalam kesempatan tersebut mengatakan, penyelenggaran hajatan seperti resepsi pernikahan dan kenduri tetap bisa dilaksanakan selama melaksanakan Protokol Kesehatan (Protkes) dengan membatasi jumlah tamu undangan atau membuat shift jadwal undangan dibagi menjadi siang dan sore. "Diatur sebaik mungkin, agar tidak terjadi penumpukan tamu undangan," ujar Bupati Mursil.

Bupati menambahkan terkait penurunan kesadaran masyarakat dalam penerapan Protokol Kesehatan terutama penggunaan masker, Satgas harus segera mengambil langkah langkah terkait hal tersebut agar terjadi penurunan kasus Covid-19 di Aceh Tamiang.

Sementara itu, Dandim 0117 Aceh Tamiang, Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita dalam paparannya mengatakan beberapa saran dalam penanganan pencegahan Covid-19 ini diantaranya, melakukan operasi yustisi sebanyak 2 kali dalam sehari dengan melibatkan unsur TNI, Polri, Satpol PP, Dinkes dan Satpol/WH.

Selanjutnya terkait pelaksanaan protokol kesehatan di tempat ibadah, ia mengatakan agar MPU dapat mengeluarkan surat atau maklumat tentang jaga jarak pada saat melaksanakan sholat berjamaah.

Dandim menambahkan terkait penerapan protkes, Forkopimda maupun Satgas harus menjadi contoh bagi masyarakat. Karena saat ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak) masih sangat kurang. "Melalui Satgas Covid ini, harus ada langkah-langkah yang tepat dalam melakukan pencegahan virus Corona (Covid-19)," ungkapnya. (Aliyandi)

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...