Topik

Kejari Aceh Tamiang Gelar Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum

·
Kejari Aceh Tamiang Gelar Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum
Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Tamiang, Irwinsyah, SH saat memberi kata sambutan dalam seleksi duta pelajar sadar hukum yang dilaksanakan di Aula SMKN 2 Karang Baru. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Puluhan pelajar tingkat SMA/SMK sederajat di Kabupaten Aceh Tamiang mengikuti seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum yang digelar Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Tamiang, di Aula SMKN 2 Karang Baru, Senin (15/10/2018).

Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Tamiang, Irwinsyah, SH mengatakan, pemilihan duta dasar hukum dilakukan agar anak-anak sejak usia dini dapat memahami hukum. Mengingat anak-anak merupakan generasi penerus.

"Program ini sebagai upaya agar masyarakat lebih sadar hukum dan sebagai bentuk upaya Kejaksaan Negeri Aceh Tamiang melakukan penegakan hukum dari sisi pencegahan, salah satunya melalui program jaksa masuk sekolah (JMS) serta fungsi Kejaksaan sebagai pelaksana penegakan hukum baik pencegahan maupun yang berintikan keadilan dibidang pidana,” ujar Irwinsyah.

Selain itu, menurut Irwinsyah, mencegah pelanggaran hukum lebih baik dibanding menghukum. Oleh karena itu duta sadar hukum kedepannya dapat menjadi corong di tengah masyarakat dalam melakukan pencegahan pelanggaran hukum.

Disebutkannya, program ini tidak terlepas dari UU nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia, karenanya kegiatan JMS yang selama ini dilaksanakan merupakan wujud nyata atas diterbitkannya keputusan Jaksa Agung RI  Nomor : KEP-184/A/JA/11/2015 pada 18 November 2015 tentang pembentukan tim jaksa masuk sekolah.

"Pengenalan produk hukum sejak dini bagi pelajar sangatlah penting, termasuk mengenal lembaga Kejaksaan dan tupoksinya yang disamping memiliki fungsi preventif yakni mencegah terjadinya kejahatan dengan melakukan penyuluhan," jelas Irwinsyah.

Duta sadar hukum yang terpilih nantinya akan mengikuti ajang serupa di tingkat Provinsi Aceh.

"Duta sadar hukum Aceh Tamiang, yang terpilih akan mengikuti pemilihan duta sadar hukum tingkat provinsi Aceh dan harapanya para pelajar yang membawa nama Kabupaten Aceh Tamiang ini dapat memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Muda Sedia," pintanya.(Hen)

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...