Topik

Apresiasi Program Dukcapil Sapa Warga

Kemendagri Hadiahkan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri kepada Pemkab Aceh Tamiang

·
Kemendagri Hadiahkan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri kepada Pemkab Aceh Tamiang
Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil menjadi Narasumber dalam program Dukcapil Sapa Warga. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Ditjen Dukcapil menghadiahkan satu unit mesin Anjungan Dukcapil Mandiri kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Tamiang.

Kabar gembira perihal pemberian hadiah tersebut disampaikan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI Prof. DR. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH melalui Zoom Meeting dalam program Dukcapil Sapa Warga #3, Jumat (16/10/2020).

"Tentunya dengan inisiatif Bupati Aceh Tamiang dalam program Dukcapil Sapa Warga, Menteri Dalam Negeri berkenan memberikan hadiah kepada Aceh Tamiang berupa Anjungan Dukcapil Mandiri. Untuk itu, diminta untuk menyiapkan tempat untuk anjungan ini nantinya ,” ujar Zudan Arif Fakrulloh, disambut gembira oleh Bupati Mursil dan jajarannya.

Dalam sesi dialog Program Dukcapil Sapa Warga, Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI Prof. DR. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH, juga mengucapkan terima kasih kepada Kabupaten aceh Tamiang dan tentunya memberi dukungan penuh kepada Aceh Tamiang.

“Semoga apa yang dilakukan Pemkab Aceh Tamiang ini dapat menularkan ke Kabupaten/Kota lainnya yang ada di Aceh, sehingga data kependudukan menjadi akurat dan tertib dan pada akhirnya terjadi peningkatan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Ditambahkannya, pihaknya sangat mengapresiasi dialog seperti ini karena tentunya banyak membantu menyelesaikan persoalan terkait data di masyarakat. Sedangkan terkait dokumen, ia mengatakan akan mendukung pemasokan blangko di Aceh jangan sampai terjadi kekurangan.

Dirjen Dukcapil Kemendagri saat menjadi narsum dalam program Dukcapil Sapa Warga. Foto : Ist

Kepala Disdukcapil Aceb Tamiang, Drs. Sepriyanto mengatakan, program Dukcapil Sapa Warga memudahkan masyarakat untuk tertib Adminduk dan dengan program ini, warga dapat mencetak sendiri data yang diperlukan seperti Kartu Keluarga, Akte dan lain sebagainya, dan tidak perlu takut apabila dokumen hilang, maka dapat di cetak ulang.

Sementara itu, Bupati Aceh Tamiang H.Mursil, SH, M.Kn sangat berterima kasih kepada Bapak Dirjen Dukcapil yang bersedia bertatap muka bersama Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang dan kepada Kadis Disdukcapil, Bupati memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya Talkshow ini.

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini, dapat terus dilakukan demi tercapainya target yang ingin dicapai dan pihaknya sangat berharap agar seluruh data masyarakat di Aceh Tamiang dapat terekam di Dukcapil, sehingga dapat memudahkan apabila ada perubahan data dapat langsung terupgrade di data base dukcapil," ujar Bupati Mursil.

Saat ini, kata Bupati Mursil, Pemkab Aceh Tamiang sudah masuk di atas rata-rata Nasional. Untuk itu, ia terus menghimbau kepada Camat dan Datok Penghulu untuk mengajak warganya mendatakan dirinya dan keluarga ke Disdukcapil.

“Saat ini, Disdukcapil Aceh Tamiang juga sudah mengaktifkan PRK (Petugas Registrasi Kampung) yang bertugas secara door to door mendata masyarakat di Kampung masing-masing sehingga memudahkan masyarakat yang kesulitan mengurus Adminduk langung ke Disdukcapil Aceh Tamiang," ujarnya. (Hen)

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...