Topik

Kementan dan Anggota DPR RI Gelar Bimtek Petani di Aceh Tamiang

Kementan dan Anggota DPR RI Gelar Bimtek Petani di Aceh Tamiang
Anggota komisi IV dapil Aceh, Muslim saat memberi sambutan dalam kegiatan Bimtek Petani dan Penyuluh di Kabupaten Aceh Tamiang. Foto : Hendra.

ACEH TAMIANG - Untuk meningkatkan Kapasitas Petani dan Penyuluh di masa pandemi Covid-19, Kementerian Pertanian (Kementan RI) melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan bekerja sama dengan anggota Komisi IV DPR RI menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk petani dan penyuluh Aceh Tamiang di Grand Arya Hotel, Jumat (4/2/2021).

Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini dalam sambutannya mengatakan, SDM pertanian menjadi faktor pengungkit peningkatan produktivitas sektor pertanian, karenanya perlu ditingkatkan kapasitasnya. "Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh 60 peserta, yakni 35 orang petani dan 25 penyuluh swadaya di Kabupaten Aceh Tamiang," ujarnya.

Petani dan penyuluh sebagai andalan dalam pembangunan pertanian, kata Yuliana, harus memiliki kemampuan pengetahuan, keterampilan dan sikap. Output dari Bimtek ini yakni untuk meningkatkan peran serta Kostratani sebagai pusat gerakan pembangunan pertanian, yang merupakan wadah pembelajaran petani dan tempat memeroleh informasi teknologi maupun jejaring kemitraan untuk memasarkan produk.

"Melalui kegiatan Bimtek ini, Pemerintah terus meningkatkan kemampuan petani dan penyuluh di masa pandemi Covid-19 untuk melaksanakan pertanian yang terpadu dan berkelanjutan," jelasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Aceh, Muslim dalam arahannya mengatakan, kegiatan bimtek ini merupakan terobosan dari Komisi IV DPR RI dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM petani dan para penyuluh dalam membangun pertanian Indonesia yang terpadu dan berkelanjutan.

Tentu, hal ini tidak terlepas dari tujuan dilaksanakannya Bimtek agar kemampuan dan kapasitas petani dan penyuluh meningkat dalam transfer teknologi kepada petani, sehingga dapat melaksanakan pertanian yang terpadu dan berkelanjutan.

"Dengan pelaksanaan Bimtek Petani dan Penyuluh di Kabupaten Aceh Tamiang, diharapkan dapat menjawab tantangan global agar pertanian lebih maju, mandiri dan modern," ujar Muslim.

Bimtek ini dibuka oleh anggota Komisi IV Dapil Aceh, Muslim dan dihadiri oleh Plt Sekda Aceh Tamiang, Drs. Abdullah, Anggota DPRK Aceh Tamiang, Saiful Sofyan, Kepala Distanbunak Aceh Tamiang, Yunus, SP, Kabid Penyuluhan pada Distanbunak Aceh Tamiang, Zuwan Fakri dan perwakilan petani dan penyuluh. []

Disdukcapil Aceh Tamiang
Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...