Topik

Kerusuhan di Afrika Selatan Tewaskan 212 Orang

·
Kerusuhan di Afrika Selatan Tewaskan 212 Orang
Foto : Istimewa

JAKARTA - Korban jiwa terus berjatuhan akibat kerusuhan yang melanda Afrika Selatan (Afsel). Pemerintah Afsel mengatakan kerusuhan telah merenggut 212 nyawa, naik tajam dari 117 kematian yang diumumkan pada hari sebelumnya.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (17/7/2021), Menteri Pemerintah Khumbudzo Ntshavheni mengatakan pada konferensi pers pada Jumat (16/7) waktu setempat, sebagian besar kematian baru tersebut terjadi di provinsi KwaZulu-Natal (KZN), yang menjadi pusat kekerasan.

Namun, dikatakannya situasinya "secara bertahap dan pasti telah kembali normal." Ntshavheni melaporkan bahwa 1.488 insiden tambahan dilaporkan di KZN semalam, tetapi dia tidak memberikan rincian.

Provinsi ini juga melaporkan tambahan 89 kematian selama 24 jam terakhir. Lebih dari 2.550 orang telah ditangkap, kata Ntshavheni.

Tidak ada insiden baru yang dilaporkan di provinsi Gauteng yang mencakup ibu kota finansial Johannesburg, di mana 56 kasus kekerasan atau penjarahan telah tercatat sejak dimulainya kerusuhan seminggu yang lalu.

Sebelumnya, Presiden Cyril Ramaphosa mengatakan bahwa kerusuhan telah "direncanakan" dan pemerintah akan memburu mereka yang bertanggung jawab. Ramaphosa mengatakan bahwa kerusuhan mematikan yang melanda Afrika Selatan saat ini belum pernah terjadi sebelumnya. (**)

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...