Topik

Ketua Karang Taruna Aceh Tamiang Ajak Masyarakat Tetap Pakai Masker, Pakai Masker Itu Keren

·
Ketua Karang Taruna Aceh Tamiang Ajak Masyarakat Tetap Pakai Masker, Pakai Masker Itu Keren
Ketua Karang Taruna Aceh Tamiang, Joko Sudirman. Foto : Aliyandi.

ACEH TAMIANG - Memakai Masker sudah menjadi kebutuhan yang wajib digunakan setiap hari di tengah mewabahnya virus covid-19. Apalagi, kewajiban untuk menggunakan masker tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 dan Peraturan Bupati (Perbup) Aceh Tamiang Tahun 2020.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Aceh Tamiang, Joko Sudirman mendukung penuh Inpres dan Perbup tersebut.

"Kalau dilihat dari kasus Covid yang terus meningkat di Aceh Tamiang, semua lapisan pemuda dan semua elemen masyarakat harus ikut ambil andil dalam mengkampanyekan penggunaan masker," ujar Joko Sudirman kepada Kabar Tamiang, Minggu (25/10/2020).

Menurutnya, dengan wabah pandemi Coronavirus Disease (COVID-19), yang saat ini melanda dunia ini dan telah melululantangkan semua sendi aspek kehidupan merupakan tanggung jawab kita semua agar dapat mengakhiri pandemi ini.

"Semua pihak harus selalu patuh akan anjuran protokol kesehatan (prokes). Keterlibatan pemuda dalam penanganan Covid-19 sangat dibutuhkan. Pasalnya Indonesia diberkahi bonus demografi yakni surplus usia remaja," ungkapnya.

Joko menambahkan, masker yang digunakan tidak harus masker bedah. Masker kain pun baik, asal diganti setiap 4 jam sekali. Kemudian pencucian direndam dengan sabun kemudian diperas kecil saja, dijemur tak perlu kena sinar matahari yang penting kering.

Ditegaskannya, prinsipnya ketika berkerumunan dengan orang banyak wajib mengenakan masker.

"Ketika olahraga banyak yang bingung menggunakan masker atau tidak, menurut saya selama olahraga ringan seperti lari ringan atau bersepeda ringan sesuai dengan hukum suplay dan demand oksigen, selama oksigen masih terpenuhi tidak apa-apa gunakan masker, kalau sudah mulai sesak dan olahraga berat mau tidak mau harus membuka masker, tapi jangan di tempat yang ramai," jelas Joko Sudirman.

"Kalau pakai masker, aktivitasnya biasa tidak akan sangat berpengaruh, jadi tidak ada alasan sesak itu lebay. Pakai masker itu keren, pakai masker itu pintar. Tidak pakai masker itu tidak paham pandemi, tidak peduli itu egois," lanjutnya.

Ia khawatir bila masyarakat masih enggan menggunakan masker, tentu potensi penularan penyebaran virus corona akan besar. "Yuk mulai sekarang patuhi Prokes, jadilah kita garda terdepan sebagai generasi peduli. Anak muda itu aset terpenting, gunakan masker kita keren kok," sebutnya mengajak.

Kemudian sambung Joko, dengan kita mematuhi Prokes secara  maksimal dapat memberikan dampak signifikan dalam upaya memutus penyebaran Covid-19. "Jika kita sebagai pemuda dapat mematuhi Prokes secara disiplin, Insyaallah angka perkembangan pandemi bisa ditekan secara signifikan," harapnya.

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...