Topik

Ketua PWI Aceh: Wartawan Harus Taat Kode Etik

·
Ketua PWI Aceh: Wartawan Harus Taat Kode Etik
Ketua PWI Aceh, Tarmilin Usman saat menjadi pembicara pada Karya Latihan Wartawan (KLW) di Kota Langsa. Foto : Yudi.

LANGSA - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh, Tarmilin Usman mengatakan wartawan harus taat kode etik jurnalistik dan bersikap profesional.

"Wartawan yang taat kode etik dan profesional akan menghasilkan tulisan yang akurat," kata Tarmilin Usman saat menjadi pembicara pada Karya Latihan Wartawan (KLW) yang digelar PWI Kota Langsa di Gedung Cakra Donya, Rabu (11/11/2020).

Lanjutnya, di dalam kode etik disebutkan, wartawan Indonesia bersikap independen, menghasilkan berita yang akurat, berimbang dan tidak beriktikad buruk.

Menurut Tarmilin, wartawan juga tidak boleh memiliki mental pemarah. Kalau wartawan nulis berita dalam kondisi marah, tidak normal, akan menghasilkan karya yang tidak normal pula.Oleh karena itu, jangan membuat berita disaat kondisi tidak 'mood'. "Menulislah setelah keadaan tenang," katanya.

Hal senada juga disampaikan pembicara lainnya, Iptu Arief S Wibowo, SIK. Kasat Reskrim Polres Langsa ini meminta agar wartawan dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik. "Sebelum membuat berita, lakukan cek ricek. Hubungi narasumber yang benar-benar kompeten di bidangnya," kata Arief.

Ia juga menyarankan agar wartawan bergabung dengan media yang berbadan hukum dan terdaftar di dewan pers. "Sehingga nantinya ada pembinaan dari wartawan-wartawan yang lebih senior," tandas Arief.

KLW dengan moderator Bahtiar Husin ini merupakan bagian dari acara pengukuhan PWI Kota Langsa periode 2020-2023. Pelatihan tersebut diikuti puluhan wartawan dari berbagai media yang ada di Kota Langsa. []

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...