Topik

Komisi V DPRA Sidak ke RSUDZA, Temukan Alkes Rusak dan Petugas BPJS Tak di Lokasi

·
Komisi V DPRA Sidak ke RSUDZA, Temukan Alkes Rusak dan Petugas BPJS Tak di Lokasi
Anggota DPRA komisi V saat melakukan sidak ke RSUDZA. Foto : Ist

BANDA ACEH - Komisi V DPR Aceh melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA), Banda Aceh. Dalam sidak diketahui sejumlah alat kesehatan di RS rusak dan petugas BPJS tidak berada di tempat.

"Alat kesehatan di RS masih banyak yang rusak, seperti mesin anestesi dalam, alat-alat lain banyak yang rusak," kata Ketua Komisi V DPR Aceh M Rizal Falevi Kirani, dilansir dari Detikcom, Kamis (25/3/2021).

Sidak ke RS milik pemerintah Aceh itu dilakukan pada Rabu (24/3). Anggota Komisi V awalnya mendatangi IGD dan menemui sejumlah pasien yang tengah dirawat.

Selama di RS, mereka didampingi Plt Direktur RSUDZA Endang Mutiawati. Falevi mengatakan sidak dilakukan setelah pihaknya mendapat laporan terkait pelayanan di RSUDZA tidak sepenuh hati dan masih jauh dari standar.

Menurutnya, ada sejumlah ruangan yang disidak, seperti IGD, unit transfusi darah, instalasi bedah sentral, serta ruang rawat inap. Dalam sidak, anggota DPR Aceh juga menyoroti kinerja BPJS Kesehatan.

"Kepada BPJS Kesehatan selaku badan penyelenggara jaminan sosial harus benar-benar berupaya untuk memberi pelayanan terbaik untuk rakyat Aceh. Di saat kami sidak, tidak ada satu orang pun pegawai BPJS yang stand by di RS untuk melayani pasien, kami akan segera panggil BPJS," kata Falevi.

Lebih lanjut Falevi meminta manajemen RSUDZA meningkatkan pelayanan terhadap pasien dan memperbaiki ruangan, seperti IGD dan ruang rawat inap. Selain itu, tata kelola rumah sakit diminta lebih bersih dan rapi.

"Kita harapkan pihak manajemen segera berbenah dari pelayanan dan koordinasi dengan RS kabupaten/kota tentang pasien rujukan. Manajemen rumah sakit harus benar-benar melakukan pembenahan guna memastikan seluruh layanan rumah sakit tetap akan berlangsung dengan baik," ujarnya. []

Disdukcapil Aceh Tamiang
Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...